SOLOPOS.COM - Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, saat meninjau lokasi pembangunan Pasar Mangu lama di Ngemplak, Boyolali, Senin (24/7/2023). (Istimewa/Tim Liputan Diskominfo Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI — Lahan bekas Pasar Mangu lama di Dukuh Kebonagung, Desa Ngesrep, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali akan diubah menjadi ruang terbuka hijau (RTH) pada 2023. Anggaran yang digelontorkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali senilai Rp1,5 miliar.

Sebagai informasi, Pasar Mangu telah direvitalisasi dan selesai dibangun pada 2018. Lokasi Pasar Mangu baru dan lama berjarak hanya berdekatan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, menyempatkan diri melaksanakan monitoring eks Pasar Mangu yang akan dibuat menjadi ruang terbuka hijau tersebut pada Senin (24/7/2023). Dalam monitoring, Said didampingi oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Boyolali, Darmadi.

Darmadi menyampaikan bekas Pasar Mangu tersebut akan dialihfungsikan menjadi ruang terbuka hijau. Ia mengatakan akan ada taman yang nantinya dapat dimanfaatkan masyarakat.

“Luasnya kurang lebih 2.742 meter persegi, anggarannya Rp1,5 miliar,” ujar dia seperti dalam rilis yang diterima Solopos.com, Senin malam.

Lebih lanjut Darmadi menyampaikan uang pembangunan ruang terbuka hijau di atas lahan bekas Pasar Mangu tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Perubahan Tahun 2023 Boyolali.

Ruang terbuka hijau di bekas Pasar Mangu tersebut nantinya juga akan dilengkapi patung ikon berupa dua tangan yang memegang keranjang. Tinggi dari patung tersebut sekitar tiga meter, ia menjelaskan tujuannya agar menarik masyarakat untuk berkunjung.

“Setelah jadi, masyarakat bisa refreshing di sini. Nanti juga akan dibuatkan panggung, lalu ikon sayur ini permintaan dari masyarakat sekitar karena masyarakat sekitar rata-rata berjualan sayur di pasar,” kata dia.

Terpisah, tokoh masyarakat Kecamatan Ngemplak, Agung Supardi, menyambut baik rencana Pemkab Boyolali membangun ruang terbuka hijau di Kecamatan Ngemplak.

Menurutnya, dengan pembangunan ikon sayur yang menggambarkan Pasar Mangu yang beroperasi 24 jam serta masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai penjual sayur.

“Responsnya sangat luar biasa dan ini akan menjadi sejarah untuk di Ngemplak karena akan ada ikon sayur,” ungkap Agung yang juga merupakan salah satu anggota DPRD Kabupaten Boyolali ini.

Direncanakan, pembangunan RTH di bekas lahan Pasar Mangu ini akan dilakukan pada September 2023 hingga Desember 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya