SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Solopos.com)–Pemkab Klaten manargetkan jumlah perluasan area tanaman tebu di Klaten pada tahun 2011 mencapai 700 hektare. Penambahan lahan tersebut ditempuh melalui cara menghidupkan kembali sejumlah lahan tidur milik desa serta milik warga yang tak terpakai.

“Kami akan meminta para camat serta Kades agar lahan-lahan tidur yang tak terpakai disewakan kepada PG Gondang untuk perluasan area tanaman tebu. Tahun ini, target penambahan area ialah 700 hektare,” kata Kabag Perekonomian Pemkab Klaten, Sri Sumanto kepada Espos pada sela-sela acaranya menghadiri rangkaian kegiatan cembrengan di Pabrik Gula (PG) Gondang Winangoen, Klaten, Minggu (24/4/2011).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sementara Pejabat Penelitian Pengembangan (Litbang) PG Gondang, Aan Fadliyanto menyebutkan PG Gondang selalu kekurangan bahan baku sekitar 1,5 juta kuintal/ tahun. Untuk menutupi kekurangan itu, pihaknya selalu mengambilkan tebu dari luar daerah.  Saat ini, luas lahan untuk pertanian tebu di Klaten, kata Aan, hanya 1.700 hektare. Jumlah tersebut sudah temasuk lahan sewa milik warga dan lahan milik PG Gondang yang hanya 335 hektare.

(asa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya