SOLOPOS.COM - Kondisi cempe atau anak kambing yang lahir dengan kelainan yang membuat wajahnya disebut mirip monyet di Desa Puluhan, Kecamatan Jatinom. (Istimewa/dokumentasi Muhammad Sadat)

Solopos.com, KLATEN — Seekor cempe atau anak kambing milik warga Desa Puluhan, Kecamatan Jatinom, Klaten, lahir dengan bentuk wajah tak normal dan disebut mirip wajah monyet. Tak hanya itu, cempe itu lahir dengan kedua mata berdekatan hingga tampak seperti menyatu.

Sempat bertahan selama lebih dari sehari, cempe berjenis kelamin jantan itu akhirnya mati. Cempe milik Muhamad Sadat itu lahir dari induknya pada Selasa (11/4/2023) sekitar pukul 05.45 WIB.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Anak kambing itu mengalami cacat dengan kedua bola mata saling berdekatan dengan mulut bagian bawah terangkat. Di atas mata terdapat bagian yang menyerupai kuping. Beberapa orang menyebut wajah cempe itu mirip monyet.

Pemilik kambing, Muhammad Sadat, menjelaskan ada dua cempe yang dilahirkan dari satu induk. Cempe jantan yang lahir dari induk milik warga Jatinom, Klaten, itu menyerupai monyet. Sementara seekor anak kambing lainnya yakni kambing betina lahir dengan kondisi normal.

Sadat menjelaskan kondisi induk normal termasuk selama bunting. Tak ada keanehan pada kondisi induknya. Dia pun tak mengetahui kondisi kambing tersebut bakal memiliki kelainan pada bagian wajah.

“Baru kali ini kambing yang saya pelihara seperti itu,” kata Sadat saat ditemui Solopos.com di rumahnya, Rabu (12/4/2023). Cempe itu sempat kabur dari kandang pada Selasa malam dan bikin pemiliknya kebingungan. “Ternyata lari ke belakang kandang,” kata Sadat.

Namun, cempe milik warga Jatinom, Klaten, yang punya wajah mirip monyet tersebut mati pada Rabu dini hari. Dimungkinkan kelainan pada bagian wajah itu membuat si cempe kesulitan bernapas. “Sejak lahir itu sudah sulit bernapas. Sebenarnya saya rawat juga dan mau dibesarkan,” jelas dia.

Orang tua Sadat, Sutrimo, mengaku sempat kaget saat cempe itu lahir. Dia kebingungan posisi mata anak kambing itu. Setelah dicek ternyata mata kambing itu berdekatan. “Tidak ada hidungnya. Di atas mata itu seperti ada kuping. Mungkin itu bagian hidungnya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya