SOLOPOS.COM - Yellow Box Junction di perempatan Sriwedari Solo (Facebook.com)

Lalu lintas Solo kian ditata. Ada Yellow Box Junction, garis kotak kuning yang belakangan dipasang di beberapa perempatan Solo.

Solopos.com, SOLO — Yellow box junction (YBJ) atau garis kotak kuning dalam beberapa hari terakhir dipasang di beberapa perempatan Solo. Ada delapan lokasi yang dipasangi YBJ.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Menurut Kepala Bidang Lalu Lintas Dishubkominfo Solo, Sri Baskoro, YBJ sudah dibuat dua tahun lalu di tiga lokasi, yakni perempatan Balong, Pasar Nongko, dan Kalitan. Saat itu, Pemkot juga menyosialisasikan gunanya.

Sedangkan hingga saat ini ada delapan lokasi YBJ di kawasan tertib lalu lintas (KTL). Baskoro menyadari masih banyak warga belum mengenal YBJ sehingga pada jam-jam tertentu tetap ada lokasi macet meskipun sudah ada marka tersebut.

Dia mengaku sudah berupaya memberikan sosialisasi melalui media sosial dan traffic report. “YBJ itu berfungsi untuk mencegah kemacetan total. Contohnya, saat ada kemacetan di persimpangan jalan dari arah utara ke selatan dan sebaliknya yang ada YBJ, kendaraan tidak boleh berhenti di kotak kuning. Agar arus lalu lintas dari timur ke barat atau sebaliknya tetap lancar dan tidak mengunci di persimpangan. Jika ada kendaraan yang nekat masuk ke kotak kuning, akan ditilang,” katanya saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Selasa (3/11/2015).

Solo memerlukan marka jalan tersebut karena semakin banyak lokasi rawan macet. Selain di delapan lokasi, Dishubkominfo juga menambah 12 lokasi lain yang ditargetkan selesai akhir tahun ini. Lokasinya masih di KTL seperti di Jl. Slamet Riyadi, Jl. Urip Sumoharjo, Jl. Ir. Sutami, Jl. Ahmad Yani, dan Jl. Adisucipto.

Meskipun marka tersebut sudah ada sejak dua tahun lalu, hingga saat ini masih tahap sosialisasi. “Saat ini masih tahap sosialisasi karena belum semua lokasi ada YBJ. Terkait sanksi tilang bagi yang melanggar marka jalan itu, kami akan bekerja sama dengan Satlantas Polresta Solo,” imbuh Baskoro.

Lokasi Yellow Box Junction
Simpang Empat Purwosari, Laweyan
Simpang Empat Gendengan, Laweyan
Simpang Empat Sriwedari, Laweyan
Simpang Empat Ngapeman, Laweyan
Simpang Empat Pasar Pon, Banjarsari
Simpang Empat Nonongan, Serengan
Simpang Komplang, Banjarsari
Simpang Empat Sate Kambing Mbok Galak, Banjarsari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya