SOLOPOS.COM - Petugas Satlantas Polres Wonogiri mengatur lalu lintas di depan gerbang Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) Wonogiri, Minggu (1/1/2017). (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Lalu lintas Wonogiri, jalan menuju objek wisata WGM dipenuhi kendaraan wisatawan

Solopos.com, WONOGIRI — Arus lalu lintas dari pusat kota Wonogiri menuju Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) macet lebih dari 5 kilometer, Minggu (1/1/2017). Jalan yang juga menjadi jalur utama menuju Pracimantoro itu dipenuhi kendaraan wisatawan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Lalu lintas makin padat di pintu masuk OW WGM karena antrean di loket pembelian masuk.  Meski pengelola sudah menambah loket, antrean tetap mengular.

Informasi yang dihimpun dan pantauan Solopos.com di lokasi, kemacetan mulai terjadi sejak pukul 08.30 WIB. Seiring berjalannya waktu kemacetan bertambah panjang.

Berdasar pengukuran Solopos.com melalui speedometer sepeda motor, pada pukul 10.00 WIB kemacetan mencapai kurang lebih dari 3,3 km. Kala itu kemacetan terjadi mulai dari jalan dekat Mapolres Wonogiri hingga gerbang OW WGM. Dua jam berlalu kemacetan kian mengular hingga lebih dari 5 km.

Pada siang itu kemacetan terjadi hingga di Jl. Jenderal Sudirman depan jalan masuk-keluar Gelanggang Olahraga (GOR) Giri Mandala kawasan kota. Mayoritas kendaraan yang terjebak kemacetan adalah mobil. Pengemudi mobil harus menghentikan kendaraannya karena tak bisa melaju.

Sementara pengendara sepeda motor dapat lebih leluasa. Mereka bisa melintas di sela-sela kendaraan lain. Sedangkan arus lalu lintas dari OW WGM atau Wuryantoro menuju arah kota cukup lancar. Mobil dan sepeda motor bisa melaju tanpa kendala berarti, namun hanya bisa pelan-pelan.

Sejumlah petugas Satlantas Polres Wonogiri mengatur lalu lintas di depan pintu gerbang OW WGM untuk memastikan kendaraan yang akan masuk OW berada di lajur yang benar. Hal itu supaya arus lalu lintas dari  Wuryantoro ke arah kota bisa lancar.

Pengunjung OW WGM yang mengemudikan mobil pikap, Slamet, warga Pacitan, Jawa Timur, saat ditemui Solopos.com menjelang masuk kawasan wisata pukul 10.00 WIB menginformasikan jalan menuju OW macet cukup parah. Dia sering menghentikan mobil karena tersendat.

Perjalanan dari dekat Mapolres Wonogiri hingga pintu gerbang OW WGM dia tempuh dalam waktu lebih dari 30 menit. “Macet pol,” kata lelaki berusia 40-an tahun itu.

Salah satu petugas Satlantas Polres Wonogiri, Ipda Darmin, menginformasikan kepadatan lalu lintas terjadi sejak pukul 08.30 WIB. Menurut dia, dibanding menjelang Natal lalu, arus hari itu jauh lebih padat.

“Pengunjung pada momen libur Natal lalu tidak sebanyak hari ini. Hari ini ramai mungkin karena bertepatan hari terakhir libur sekolah yang kebetulan Minggu juga,” kata dia.

Kepala UPT OW WGM, Pardiyanto, mengatakan membuka 20 loket khusus pada 1-3 Januari 2017. Hal itu untuk mengantisipasi membeludaknya jumlah pengunjung. Pada tiga hari tersebut pengelola menggelar pentas dangdut OM Mahespati untuk menggenjot jumlah pengunjung.

Pentas dimeriahkan penyanyi lokal, seperti Lia Kapucino, Rita Ratu Tawon, Anis Sanjaya, dan Tenti Morena. Pengelola menargetkan pada event itu OW WGM dikunjungi 30.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya