SOLOPOS.COM - Ketua DPC Partai Gerindra Klaten, Hariyanto (kiri), dan Ketua DPC PDIP Klaten, Sri Mulyani, berjabat tangan seusai menyepakati koalisi di Kantor DPC Gerindra Klaten, Selasa (18/6/2024) siang. (Istimewa/dokumentasi Sri Mulyani)

Solopos.com, KLATEN — DPC PDIP Klaten melamar Partai Gerindra untuk berkoalisi mengusung pasangan calon bupati-calon wakil bupati atau cabup-cawabup pada Pilkada Klaten 2024. DPC Partai Gerindra untuk menjawab iya dan menerima lamaran tersebut.

Dengan demikian, arah pembentukan koalisi besar di Pilkada Klaten 2024 semakin mengerucut. Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, sejumlah pengurus DPC PDIP Klaten yang dipimpin Ketuanya, Sri Mulyani, mendatangi Kantor DPC Partai Gerindra Klaten, Selasa (18/6/2024) siang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dari foto yang diterima Solopos.com, ada Sekretaris DPC PDIP Klaten Agus Riyanto dan Wakil Ketua DPC PDIP Klaten Hamenang Wajar Ismoyo yang mendampingi Sri Mulyani.

Jajaran pengurus PDIP Klaten itu diterima Ketua DPC Partai Gerindra Klaten, Hariyanto, serta sejumlah pengurus Partai Gerindra Klaten. Pertemuan berlangsung lebih dari satu jam antara pukul 13.30 WIB hingga pukul 15.15 WIB.

Dimintai konfirmasi terkait pertemuan tersebut, Hariyanto tak mengelak. Dia menjelaskan dalam pertemuan itu, Ketua DPC PDIP Klaten menyampaikan tujuan kedatangan untuk meminang Partai Gerindra Klaten berkoalisi pada Pilkada Klaten 2024.

“Saya tadi tidak langsung menjawab. Tetapi teman-teman saya suruh untuk menyampaikan pendapat mereka terkait pinangan tersebut. Setelah tujuh pengurus DPC [Partai Gerindra Klaten] sepakat, saya terima pinangan DPC PDIP Klaten dengan membaca bismillahirrahmanirrahim,” kata Hariyanto saat dihubungi Solopos.com, Selasa (18/6/2024).

Terkait tindak lanjut dari kesepakatan koalisi itu, Hariyanto menjelaskan DPC tetap menunggu instruksi dari DPD Partai Gerindra Jateng maupun DPP. Namun, dari pertemuan yang digelar pada Selasa siang kesepakatan soal koalisi antara PDIP dengan Gerindra semakin mengerucut.

Dia tak menampik pertemuan itu merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya antara PDIP, Partai Gerindra, dan PKS di Kantor DPD PKS Klaten untuk membahas koalisi.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Klaten, Sri Mulyani, membenarkan kunjungan sejumlah struktural DPC PDIP ke Partai Gerindra Klaten. “Sepakat hasilnya. Lamaran [koalisi] diterima,” kata Mulyani.

Pada Pemilu 2024, PDIP meraih kursi DPRD Klaten paling banyak yakni 18 kursi dari total 50 kursi. Sementara Partai Gerindra Klaten meraih enam kursi. Jumlah kursi dari kedua parpol itu sangat cukup untuk mengusung pasangan cabup-cawabup pada Pilkada Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya