SOLOPOS.COM - Pasangan calon Wali Kota Solo dan calon Wakil Wali Kota Solo, Bagyo Wahyono (dua dari kiri) dan F.X. Supardjo berjabat tangan seusai menggelar jumpa pers bersama pendukung di Solo Bistro, Banjarsari, Solo, Sabtu (8/2/2020) pagi. (Solopos-Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO -- Tim pasangan calon wali (cawali) Kota Solo dan calon wakil wali (cawawali) Kota Solo dari jalur independen, Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo) mengklaim sudah melakukan input data dukungan yang mencapai 38.300 orang pada Jumat (7/2/2020).

Artinya, mereka sudah melampaui syarat minimal dukungan paslon dari jalur perseorangan Pilkada Solo 2020 sebanyak 35.870 orang. Di luar angka itu, tim Bajo mengklaim masih ada data cadangan dukungan sekitar 15.000 warga Solo.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Data yang belum terinput tetap kami masukkan Silon [Sistem Informasi Pencalonan] agar bila ada yang dicoret saat verifikasi faktual ada cadangannya. Apalagi ini masih ada waktu hingga masuk tahap penyerahan berkas,” tutur Sutrisno perwakilan dari tim Bajo.

Meski Bakar Paspor, Bekas ISIS Masih Dianggap WNI

Menurut dia dukungan yang sudah diinput berasal dari lima wilayah kecamatan di Solo. Artinya, syarat sebaran dukungan juga terpenuhi. Sedangkan untuk pengunggahan (online), hasil input akan dilakukan serentak pada 21 Februari 2020.

Bila paslon Bajo dinyatakan lolos sebagai cawali-cawawali Solo dari jalur perseorangan oleh KPU Solo, artinya sejarah baru tercipta di Pilkada Solo. Sebab selama penyelenggaraan pilkada langsung Solo belum pernah ada paslon independen.

Bajo bakal menjadi paslon pertama yang maju dari jalur independen. Selain Bajo, ada paslon lain yang sedang bekerja keras menggalang dukungan warga. Mereka yaitu paslon Miftah Alim Harphanto-Ronny Cahyanegara (Hero).

WNI Bekas ISIS Didominasi Perempuan dan Anak, Tapi Ikut Perang

Ada juga paslon Muhammad Ali Naharussurur-Achmad Abu Jazid (Alam). Terpisah, jajaran KPU Solo berkunjung ke sekretariat paslon Hero dan Alam pada Jumat pagi. Mereka bertemu dan berdialog dengan perwakilan masing-masing paslon.

Dalam kesempatan itu perwakilan KPU Solo, Suryo Baruno dan Bambang Christanto, menyampaikan bahwa tahap penyerahan berkas pada 19 Februari 2020 hingga 23 Februari 2020. Untuk itu tim paslon diminta mempersiapkan diri.

Diserang Skandal Penggerebekan PSK, Andre Rosiade Tuding Pendukung Ahok

“Kami sampaikan tahap penyerahan berkas dukungan selama lima hari bulan ini. Kami juga melihat sejauh mana penggunaan aplikasi Silon. Apakah ada kendala atau yang perlu ditanyakan. Menurut mereka tak ada kendala,” kata Suryo.

Sedangkan untuk kunjungan ke Sekretariat paslon Bajo menurut dia akan dilakukan pada Senin (10/2/2020). Agenda kunjungan ke Bajo sama yaitu melihat sejauh mana input data dan menyampaikan perihal tahapan penyerahan berkas bakal calon independen untuk Pilkada Solo 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya