SOLOPOS.COM - Wali Kota Gibran Rakabuming Raka akan menentukan langkah politik setelah bertemu para elite PDIP, Rabu (18/10/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan menentukan langkah politik berikutnya setelah bertemu dengan elite PDIP, Rabu (18/10/2023).

“Tunggu pertemuan saya besok dengan para pimpinan partai, PDI Perjuangan,” kata Gibran ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Selasa (17/10/2023).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Ditunggu dulu besok ini bukan masalah pribadi. Kami berkonsultasi dengan banyak orang dulu,” tambah dia.

Gibran masih merahasiakan lokasi pertemuan dengan para pimpinan PDIP, namun jurnalis yang bertugas di Jakarta sudah tahu rencana pertemuan Gibran dan elite PDIP. Gibran meminta wartawan menunggu apa saja yang bakal dibahas Gibran dengan para petinggi PDIP besok.

Ditanya wartawan apakah Gibran mempertimbangkan opsi menjadi bakal cawapres, Gibran mengatakan lihat hasilnya besok. Gibran menjelaskan masih lama di Kota Solo untuk menyelesaikan pekerjaan sebagai Wali Kota Solo.

Menurut Gibran, banyak kepala daerah berusia di bawah 40 tahun yang bisa mengambil peluang untuk mengikuti Pilpres 2024, antara lain Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin.

Selanjutnya Wali Kota Medan Bobby Nasution, Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, dan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. Ditanya wartawan keputusan Mahkamah Konstitusi menguntungkan kepala daerah muda untuk Pilpres 2024, Gibran menjawab diplomatis.

“Ya keputusan MK, kembalikan ke MK,” ujar dia.

Sebelumnya, PDIP akan memanggil Gibran untuk hadir di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat pada Rabu (18/10/2023). Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan sudah menghubungi Gibran secara langsung.

Dia mengatakan akan ‘tukar pikiran’ dengan Gibran pada Rabu besok. “Saya komunikasi, ‘Mas Gibran hari Rabu sekiranya ada di Jakarta, kita ngobrol-ngobrol di kantor partai biar kita bisa kita tukar pikiran terkait tentang berbagai aspek’,” ungkap Hasto kepada wartawan di Media Center TPN Ganjar, Jakarta Pusat, Senin (16/10/2023) malam dilansir Bisnis.com. 

Dia mengaku pemanggilan ini tidak spesifik terkait hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memperbolehkan kepala daerah di bawah 40 tahun bisa menjadi capres-cawapres. Dengan kata lain, Gibran (36 tahun) dapat maju di Pilpres 2024, usai belakangan jadi kandidat kuat cawapres Prabowo.

PDIP sendiri mengusung mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, bukan Prabowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya