SOLOPOS.COM - Pengendara motor melintas di Jembatan Jurug A yang usianya paling tua di antara tiga jembatan di Jurug, Jebres, Solo, Senin (19/9/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO — Proses pengujian Jembatan Jurug A yang menghubungkan Kota Solo dengan Kabupaten Karanganyar saat ini masih terus berlangsung. Rencananya Jurug A menjadi jembatan darurat selama Jembatan Jurug B dan Jembatan Mojo ditutup.

Proses pengujian tersebut ditargetkan selesai dalam dua pekan terhitung sejak Senin (3/10/2022) lalu. Pengujian dilakukan PT Bukaka sebagai pelaksana proyek pengerjaan Jembatan Jurug B.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Nantinya Jembatan Jurug A diproyeksikan sebagai jalur untuk pengguna sepeda motor guna mengurangi beban Jembatan Jurug C dan Jembatan Bacem di Sukoharjo.

Construction Manager (CM) PT Baja Titian Utama area Jawa Tengah, M Fathoni Jalaluddin, mengatakan pengujian Jembatan Jurug A Solo sejauh ini belum selesai dan masih terus berlangsung. “Hasil pengujian belum keluar karena prosesnya juga masih berlangsung,” ujarnya kepada Solopos.com, Senin (10/10/2022).

Mengenai kapan proses pengujian akan selesai, Fathoni menyebut akan rampung pada pekan ini. “Prosesnya kan sudah dimulai dari Senin lalu, mungkin minggu ini selesai,” ujarnya.

Baca Juga: Bakal Dibuka untuk Kendaraan Roda Dua, Kontraktor Uji Jembatan Jurug A Solo

Terpisah, General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama, Bambang Nurhadi, menyebut proses pengujian Jembatan Jurug A masih terus berlangsung. Setelah hasil pengujian sudah keluar akan langsung dikomunikasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota solo.

Mengurangi Beban Lalu Lintas Jembatan Jurug C

Selanjutnya, jika DPUPR Solo menyetujui, akan dilakukan perbaikan lantai Jembatan Jurug A karena sekarang kondisi banyak lubang. “Pengujian belum selesai, kalau sudah nanti dikomunikasikan dengan DPUPR seperti apa dan lalu lantai jembatan diperbaiki agar lebih aman,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala DPUPR Kota Solo, Nur Basuki, menjelaskan Jembatan Jurug A akan difungsikan sebagai jembatan darurat khusus sepeda motor. Hal itu untuk mengurangi beban lalu lintas di Jembatan Jurug C.

Baca Juga: DPUPR Solo: Jurug A Jadi Jembatan Darurat Khusus Pengendara Sepeda Motor

Jembatan Jurug A masih memiliki potensi dilewati kendaraan roda dua. Meskipun demikian, diperlukan pengujian guna memastikan kesiapan dari Jurug A. Kami harus menunggu hasil pengujian dari PT Bukaka seperti apa hasilnya,” jelasnya pada Selasa (4/10/2022).

Nur Basuki mengatakan Jembatan Jurug A masih berpotensi bisa dilewati kendaraan roda dua. Namun untuk memastikan kesiapannya perlu diuji.

Penggunaan Jembatan Jurug A ini sekaligus meluruskan informasi mengenai jembatan darurat pengganti jembatan sasak Beton, Solo-Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo. Jembatan darurat dimaksud tidak dibangun dari Beton-Gadingan melainkan menggunakan Jembatan Jurug A.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya