SOLOPOS.COM - Sejumlah pekerja membangun jalan usaha tani di wilayah Desa Demakijo, Kecamatan Karangnongko beberapa waktu lalu. (Istimewa/dokumentasi Kades Demakijo)

Solopos.com, KLATEN — Mesin molen cor dan angkong untuk pembangunan jalan usaha tani di Desa Demakijo, Kecamatan Karangnongko digondol maling. Diperkirakan, pencuri lebih dari satu orang.

Mesin molen cor dan angkong itu diketahui hilang, Jumat (26/8/2022). Saat itu, para pekerja berniat melanjutkan pembangunan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Tadi pagi pekerja pukul 07.00 WIB sudah datang dan TPK [tim pengelola kegiatan] datang menyiapkan material, diesel [mesin molen cor] tidak ada beserta angkong-angkong. Ada empat angkong yang diambil. Hanya diambil yang bagus-bagus saja. Molen cor itu yang diambil mesinnya saja,” kata Kepala Desa (Kades) Demakijo, Ery Karyatno, saat dihubungi Solopos.com, Jumat.

Ery menjelaskan peralatan itu memang ditinggalkan di lokasi. Pasalnya, lokasi pembangunan jalan usaha tani itu berada di tengah area persawahan dan lokasinya cukup sulit dijangkau.

“Kemungkinan pencuri lebih dari empat orang. Mesinnya saja kalau diangkat dua orang tidak kuat. Tadi kami sudah laporan ke Polsek Karangnongko,” kata Ery.

Baca Juga: Lulusan S2 Ini Ikut Daftar Lowongan Perangkat Desa di Demakijo Klaten

Ery menjelaskan mesin molen cor yang dicuri terhitung baru. Mesin tersebut baru dua kali digunakan.

“Kalau dihitung kerugian satu angkong itu Rp650.000. Sementara, mesin molen cor itu harganya sekitar Rp6 juta,” kata dia.

Agar proyek tak terbengkalai gara-gara mesin molen cor dicuri, TPK memutuskan membeli mesin baru.

Baca Juga: Pertama di Pulau Jawa! Tol Solo-Jogja bakal Ramah bagi Goweser

Ery menjelaskan pembangunan jalan usaha tani itu sudah berlangsung sekitar dua pekan terakhir. Pembangunan dimaksudkan guna memudahkan petani menjangkau lahan pertanian mereka.

“Kegiatan pembangunan jalan usaha tani itu dilakukan melalui TPK Desa Demakijo,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya