SOLOPOS.COM - Rapat paripurna DPRD Solo dengan agenda jawaban wali kota atas pandangan umum fraksi, Selasa (24/10/2023) diwarnai listrik padam. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Sekretariat DPRD Solo meraih penghargaan dari Wali Kota Solo terkait tata kelola keuangannya yang dinilai baik.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, kepada Sekretaris DPRD Solo, Kinkin Sultanul Hakim, saat Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Tahun 2023 di Hotel Harris Solo, Selasa (14/11/2023) siang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sekretariat DPRD Solo bukan satu-satunya yang mendapatkan penghargaan terkait penyusunan dan penyajian Laporan Keuangan kategori entitas akuntansi kelompok besar. Bahkan Sekretariat DPRD Solo hanya meraih Juara III.

Sebagai Juara I dan Juara II berturut-turut Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), serta Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Solo.

Sedangkan untuk penyusunan dan penyajian laporan keuangn kategori entitas akuntansi kelompok kecil diraih Pemerintah Kelurahan Jebres Juara I.
Juara II dan Juara III berturut-turut diperoleh Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA), serta UPT Puskesmas Purwosari. Plt Inspektur Inspektorat Solo, Gatot Sutanto, mengatakan indikator penilaian meliputi banyak hal.

Seperti penyajian laporan keuangan, jumlah temuan Inspektorat, kesalahan penempatan jurnal, kelengkapan berkas laporan dan ketepatan waktu penyampaian. Sedangkan Teguh Prakosa menuturkan penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi dan perhatian Pemkot Solo terhadap semua jajaran OPD-nya.

Tujuan akhirnya mewujudkan tata kelola keuangan yang baik dengan memberikan penghargaan atas pengelolaan keuangan dan pengelolaan barang milik daerah kepada OPD, serta predikat zona integritas wilayah bebas korupsi. Ada juga wilayah birokrasi bersih dan melayani, sebagai perwujudan birokrasi bersih.

“Saya ucapkan selamat bagi OPD yang meraih penghargaan, semoga dapat memacu OPD yang lain untuk dapat meraih penghargaan pada tahun selanjutnya,”ujar Teguh.

Dia mengatakan dalam tata kelola organisasi pemerintahan yang baik, semua kegiatan seharusnya terukur. Mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi.

Teguh berharap gelar pengawasan itu dapat meningkatkan pelaksanaan pengawasan internal agar kelemahan yang sejenis tidak terulang kembali dan dapat mendukung kinerja pembangunan Kota Surakarta 2023.

“Terutama pertumbuhan ekonomi yang didorong kinerja sektor-sektor usaha pariwisata, perdagangan dan industri pengolahan yang terus membaik,” harap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya