SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi Seragam PNS (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Seragam PNS (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Solo diwanti-wanti tidak mengajukan cuti tambahan pascacuti bersama Lebaran 2013 yang ditetapkan 5-7 Agustus.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pemkot pun siap bertindak tegas dengan menolak seluruh pengajuan cuti tambahan PNS.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo, Hari Prihatno, saat ditemui wartawan di Balai Kota, Selasa (23/7/2013), mengatakan tidak menganjurkan penambahan cuti setelah cuti bersama Lebaran. Pasalnya, cuti tiga hari yang diberikan dinilai cukup mengakomodasi kepentingan silaturahmi keluarga PNS.

“Kalau digabung dengan libur Lebaran pada 8 dan 9 Agustus, libur PNS sudah hampir sepekan. Bagi PNS lima hari kerja bahkan libur sepekan penuh.”

Penetapan cuti bersama Lebaran bagi PNS telah ditetapkan mengacu Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 5 Tahun 2012. Berdasarkan SKB, hari libur Idul Fitri ditetapkan Kamis dan Jumat (8-9 Agustus).

Hari menilai tidak ada alasan bagi PNS mengajukan cuti tambahan merujuk panjangnya rentang cuti bersama tahun ini. Menurutnya, ketentuan itu sudah disampaikan kepada seluruh SKPD di Pemkot. Jika mendapati PNS nekat meliburkan diri di luar aturan, pihaknya siap memberi sanksi tegas sesuai PP No53/2010 tentang Disiplin PNS.

“Kalaupun terpaksa menambah cuti, harus ada alasan yang jelas. Di luar itu, kami tak segan memberi sanksi,” tukasnya.

Imbauan serupa juga dilontarkan Wakil Walikota (Wawali) Solo, Achmad Purnomo. Pihaknya mengaku tak akan menoleransi PNS yang mengajukan cuti tambahan pascalebaran. Dirinya menilai rentang cuti bersama telah sangat memadai bagi PNS berlibur maupun mudik. Mengantisipasi pelanggaran di lapangan, Purnomo siap menugaskan BKD dan Inspektorat mengecek absensi PNS saat hari pertama masuk pascalibur Lebaran, Senin 12 Agustus 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya