SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Lebaran 2015 segera tiba. KA tambahan akan beroperasi mengangkut para pemudik.

Solopos.com, SRAGEN — Kereta api (KA) yang beroperasi melintasi kawasan Sragen dipastikan ditambah hingga lima unit menghadapi Lebaran 2015. Kereta tambahan itu akan dioperasikan untuk mengangkut pemudik.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Stasiun Sragen, Helly Indrayatno, mengatakan tambahan kereta itu akan digunakan sejak Rabu (8/7/2015) hingga Selasa (28/7/2015) mendatang.

Lima kereta tambahan itu terdiri atas satu kereta kelas eksekutif, satu kereta kelas eksekutif dan ekonomi serta tiga kereta kelas ekonomi.

“Kereta tambahan itu masing-masing memiliki maksimal 12 gerbong. Kereta tambahan ini menggunakan lokomotif kereta barang yang operasionalnya sengaja dibatasi,” kata Helly saat ditemui di kantornya, Selasa (7/7/2015).

Helly menjelaskan khusus kereta barang operasionalnya memang dibatasi selama berlangsungnya arus mudik dan balik Lebaran. Namun, hal itu tidak berlaku untuk kereta barang pengangkut bahan bakar minyak (BBM).

“Informasi yang saya dapat, operasional kereta barang untuk sementara dihentikan pada 15-24 Juli mendatang,” terang Helly.

Beberapa kereta tambahan untuk pemudik itu meliputi Gajayana jurusan Malang-Gambir PP, Sancaka jurusan Jogja-Surabaya PP, Pasundan jurusan Surabaya-Kiaracondong PP, Matarmaja jurusan Malang-Pasar Senen PP, Madiun Jaya jurusan Madiun-Pasar Senen PP.

Helly memprediksi penumpang KA yang turun di Stasiun Sragen bakal mencapai puncak pada H-5 Lebaran.

Untuk memberi rasa nyaman penumpang KA sesampainya di stasiun, PMI Sragen bakal memberikan layanan pertolongan pertama kepada pemudik.

“Posko pelayanan pertama untuk pemudik akan dibuka PMI Sragen pada H-5 hingga H+5. Petugas dari PMI akan memberikan layanan kesehatan kepada penumpang yang capai dan kurang fit setelah menempuh perjalanan jauh,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya