SOLOPOS.COM - Ilustrasi sendratari Ramayana (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Lebaran 2015 di Solo bakal dimeriahkan pergelaranh gratis Sendratari Ramayana di Benteng Vastenburg.

Solopos.com, SOLO — Menyambut libur Lebaran 2015, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Debudpar) Kota Solo mempersiapkan pergelaran sendratari Ramayana. Sendratari Ramayana itu rencananya digelar di Benteng Vestenberg, Solo, Minggu-Selasa (19-21/7/2015).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sendratari yang biasanya dipertunjukkan di panggung besar Candi Prambanan dengan tiket yang relatif mahal, bakal bisa dinikmati secara gratis oleh warga Solo. Demikian diungkapkan Eny Tiyasni Susana selaku Kepala Disbudpar Kota Solo, Rabu (8/7/2015).

Eny mengatakan persiapan pergelaran sendratari telah mencapai 85%. Para peserta tari melakukan latihan setiap sore pukul 15.30 WIB di Pendapi Gede, Balai Kota Solo. Acara tersebut diisi oleh kolaborasi penari dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, SMKN 8 Solo, Radio Rapublik Indonesia (RRI), dan beberapa sanggar tari yang ada di Kota Solo.

Penyelenggara acara berharap sendratari yang biasanya digelar di Candi Prambanan ini bisa menjadi alternatif tujuan berlibur warga Soloraya. Di samping itu, penyelenggara acara juga ingin memperkenalkan budaya Solo kepada wisatawan yang datang. “Kalau kita tidak memulai dari sekarang untuk memperkenalkan budaya, mau kapan lagi?” cetus Eny.

Selain Sedratari Ramayana, dalam menyambut libur Lebaran 2015, Solo juga menyuguhkan dua agenda pergelaran, yaitu Bakdan ing Balekambang dan Syawalan Jurug. Bakdan ing Balekambang rencananya dilangsungkan pada Sabtu (18/7/2015) sampai Minggu (22/7/2015). Acara yang digelar selama 10 hari tersebut menampilkan gelar seni budaya, kuliner, dan bazar aneka produk lokal.

Sementara itu, Syawalan Jurug juga menampilkan pertunjukan dan kerajinan produk lokal untuk merayakan bulan Syawal. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu (18/7/2015) sampai Minggu (22/7/2015). (Syaiful Amri/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya