SOLOPOS.COM - Petugas Dishubkominfo Solo bersama Satlantas Polresta Solo memasang RPPJ di simpang tiga Faroka, Laweyan, Solo, Selasa (21/6/2016). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Lebaran 2016, Dishubkominfo Solo mulai memasang rambu-rambu pendahulu penunjuk jurusan.

Solopos.com, SOLO–Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo mulai memasang rampu pendahulu petunjuk jurusan (RPPJ), Selasa (21/6/2016), dalam rangka menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 2016.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kabid Lalu Lintas Dishubkominfo Solo, Sri Baskoro, mengatakan Dishubkominfo menyiapkan papan RPPJ untuk dipasang di 90 titik. Dia menjelaskan pemasangan RPPJ untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik atau pelancong yang memasuki jalanan di Kota Bengawan selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2016. Baskoro tidak ingin pelancong khususnya, tersesat saat sampai di Solo.

“Kami yakinkan kepada siapa saja yang masuk ke kota Solo tidak akan tersesat. Saya yakin kalau pemudik sudah hafal jalanan di Solo, namun tidak bagi pelancong atau wisatawan. Jadi kami akan memasang RPPJ di 90 titik,” kata Baskoro di sela-sela pemasangan papan RPPJ di simpang tiga Faroka, Laweyan, Solo Selasa.

Baskoro membeberkan pemasangan RPPJ dilakukan di berbagai titik persimpangan jalan kota, provinsi, maupun nasional. Selain itu, lanjut dia, RPPJ bakal diletakan di kawasan strategis, seperti akses jalan sebagai pintu masuk dan keluar Solo, termasuk perlintasan kereta api. Dia menambahkab pemasangan RPPJ untuk melengkapi keberadaan rambu petunjuk arah yang telah tersedia.

“Solo adalah salah satu jalur penting bagi pemudik. Setiap tahun jutaan pemudik datang dan melintasi kota Solo. Berdasarkan data kami, pada 2015, ada 7,3 juta kendaraan masuk Solo saat arus mudik dan arus balik. Kami memprediksi ada kenaikan pada 2016, jadi 8,53 juta kendaraan. Keberadaan RPPJ dan rambu lalu lintas menjadi komponen penting untuk memandu para pengguna jalan,” jelas Baskoro.

Baskoro menyampaikan selain memasang RPPJ, Dishubkominfo juga bakal menyediakan peta mudik untuk dibagikan kepada pengguna jalan. Informasi seputar arus mudik dan arus balik Lebaran 2016, lanjut dia, juga bisa diperoleh melalui Media Sosial, aplikasi Solo Destinasi, info Lalu Lintas Kota Solo yang dikelola Dishubkominfo. Baskoro yakin dengan berbagai pelayanan informasi tersebut tidak ada pemudik yang tersesat selama berada di Solo.

“Tentu kami tidak sendiri, teman-teman Satlantas Polresta Solo nantinya juga berada di jalan selama 24 jam. Nanti pada saat arus mudik, di Solo juga punya hajat acara, seperti Sendratari Ramayana, Festival Bambu, dan Solo Festival. Kami tidak mau mengecewakan masyarakat yang berada di Solo. Kami upayakan arus lalu lintas akan terus lancar,” jelas Baskoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya