SOLOPOS.COM - Posko mudik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Solo beroperasi di Jl. Ahmad Yani tepatnya di sekitar simpang Girimulyo, Sabtu (2/7/2016). Sedikitnya tiga partai di Solo membuka posko untuk memfasilitasi istirahat para pemudik. (Chrisna Canis Cara/JIBI/Solopos)

Lebaran 2016 dimanfaatkan parpol ikutan membangun posko mudik.

Solopos.com, SOLO — Sejumlah partai politik ( parpol) di Solo mendirikan posko mudik atau rest area menyambut datangnya pemudik pada Lebaran tahun ini. Posko tersebut memanjakan pemudik dengan beragam fasilitas mulai jaringan internet (wifi), makanan sahur dan buka puasa gratis hingga mobil ambulans.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pantauan Solopos.com, Sabtu (2/7/2016), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Solo mulai mendirikan posko mudiknya di Jl. Ahmad Yani Manahan, tepatnya di sekitar persimpangan Girimulyo (utara SMPN 12). Posko tersebut aktif hingga 10 Juli mendatang.

Ketua Bidang Kepanduan DPD PKS Solo, Alam Firmansyah, mengatakan ini kali kedelapan PKS Solo menyediakan fasilitas bagi pemudik. Tahun ini, PKS melengkapi posko mudiknya dengan beragam fasilitas seperti jaringan wifi, buka puasa dan sahur gratis, peta jalur mudik hingga mushola.

PKS juga menyiagakan mobil layanan gratis. “Posko mudik PKS sudah ada sejak 2008 dan tersebar di 14 titik lain di Jawa Tengah. Fasilitas ini diharapkan mempermudah pemudik untuk mendapat tempat istirahat yang nyaman,” ujar Alam yang juga koordinator posko mudik kepada wartawan.

Alam mengatakan setiap hari posko diperkuat enam personel yang terbagi tiga sif. Posko mudik PKS dibuka 24 jam. Penjaga posko mudik PKS, Adi, mengatakan sudah ada 10 pemudik yang singgah sejak posko dibuka Jumat (1/7) malam. “Rata-rata pemudik dari Jakarta,” ujarnya kepada Solopos.com.

Sementara itu, DPC Partai Gerindra Solo mendirikan posko mudik di Jl. Slamet Riyadi Purwosari, tepatnya di depan eks Grapari Telkomsel. Ketua Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, mengatakan pemilihan lokasi posko mudik sesuai rekomendasi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Solo. Pihaknya berkomitmen membantu pemerintah dengan penyediaan fasilitas pemudik yang representatif. “Ini sebagai bentuk kepedulian kader partai dalam mendukung program pemerintah,” ujarnya.

Ardianto mengatakan posko Gerindra rencananya dibangun Sabtu malam dan aktif hingga 14 Juli. Tak kalah dengan posko milik PKS, Gerindra menyediakan sejumlah fasilitas seperti bed istirahat, obat-obatan dan mobil ambulans yang standby 24 jam.

Pengurus DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Solo, Yusuf Anshori, mengatakan partainya membuka posko mudik di kantor sekretariat PAN di bilangan Kleco, Laweyan. Posko di perbatasan Solo-Sukoharjo itu menyediakan fasilitas seperti makanan buka dan sahur gratis, tempat mandi, ruang istirahat dan lain sebagainya. “Rencananya posko dibuka Senin (4/7) hingga H+3 Lebaran,” ucapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya