SOLOPOS.COM - Sejumlah kendaraan roda empat dan roda dua melintas di perempatan Kartasura, Sukoharjo, Kamis (1/8). Perempatan Kartasura menjadi salahsatu titik rawan kemacetan jalur mudik di wilayah Sukoharjo. (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Lebaran 2017, mengantisipasi kemacetan di Bundaran Kartasura Sukoharjo, Satlantas telah merekayasa lalu lintas.

Solopos.com, SUKOHARJO–Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukoharjo menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas di sekitar Bundaran Kartasura Sukoharjo saat arus mudik dan balik Lebaran. Hal itu dilakukan saat terjadi penumpukan kendaraan bermotor di sekitar Bundaran Kartasura.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Arus mudik Lebaran diprediksi meningkat dibandingkan tahun 2016. Kendaraan bermotor pribadi seperti mobil dan sepeda motor bakal mendominasi jalur mudik Lebaran. Para pemudik dari wilayah Jakarta dan sekitar yang hendak pulang kampung ke wilayah Solo maupun Jawa Timur dipastikan melewati Bundaran Kartasura.

Terlebih, dua pintu jalan tol Solo-Kertosono (Soker) di Ngasem, Boyolali dan Klodran, Karanganyar bakal dibuka mulai H-7 Lebaran. Pintu jalan tol Soker dibuka untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran. “Bundaran Kartasura merupakan titik temu arus lalu lintas dari Jogja-Solo dan Semarang-Solo. Prioritas utama memang penanganan kondisi arus lalu lintas di Bundaran Kartasura,” kata Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Finan Sukma Radipta, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Ruminio Ardano, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Senin (5/6/2017).

Manajemen rekayasa lalu lintas dilakukan dengan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Bundaran Kartasura. Arus lalu lintas dari Semarang dialihkan melewati Jl. Indronoto dan Luwes Kartasura. Sementara arus lalu lintas dari Jogja-Solo dialihkan ke Simpang Tiga Parangtejo melewati underpass Makamhaji.

Selain Bundaran Kartasura, petugas bakal disiagakan di jalur Solo-Sukoharjo terutama Simpang Empat Jl. Ciu dan Simpang Empat Bulakrejo. “Tahun lalu, kondisi arus lalu lintas di Simpang Empat Jl. Ciu sempat terjadi kemacetan arus lalu lintas. Petugas akan disebar di sepanjang Jl. Solo-Sukoharjo untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas,” papar dia.

Biasanya, arus mudik Lebaran terjadi pada H-3 hingga H-1 Lebaran. Para pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai kantoran mudik ke kampung halaman saat cuti bersama atau H-2 Lebaran. Mereka pulang ke kampung halaman menggunakan moda transportasi darat kereta api serta mobil pribadi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya