SOLOPOS.COM - Railbus Batara Kresna berhenti di Stasiun Wonogiri, Minggu (9/2/2020). (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com, SOLOStasiun Wonogiri sudah dipenuhi para calon penumpang pada Senin (24/4/2023) pukul 07.30 WIB. Para calon penumpang itu menunggu kedatangan Kereta Api Batara Kresna yang dijadwalkan berangkat dari Stasiun Wonogiri pukul 08.00 WIB.

Dari pantauan Solopos.com, sebagian calon penumpang sudah tiba di stasiun sebelum loket buka. Mereka mengantre untuk membeli tiket kereta. Sebagian lagi sudah berada di ruang tunggu membawa tiket yang dibeli melalui online.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Belum sampai pukul 07.45 WIB, sejumlah calon penumpang sudah kehabisan tiket untuk keberangkatan kereta pukul 08.00 WIB. Adapun untuk kereta keberangkatan pukul 12.00 WIB hanya tersisa sedikit.

Kepala Stasiun Kereta Wonogiri, Sumeri Wignoto, menjelaskan kepadatan penumpang yang naik kereta Batara Kresna dirasakan sejak Lebaran. Wignoto memprediksi volume penumpang kereta masih akan banyak selama libur sekolah.

“Perkiraan [kepadatan penumpang kereta] masih akan sampai tanggal 2 Mei 2023,” ucap dia saat ditemui Solopos.com di Stasiun Wonogiri.

Ketika ditanya soal arus mudik, Wignoto lebih mengaitkan kereta Batara Kresna membeludak karena adanya libur Lebaran. Kereta ini berjenis kereta lokal yang jangkauannya paling jauh ke Kota Solo. Meski demikian, tidak sedikit penumpang yang akan balik ke kota besar dengan menuju Solo dulu menggunakan kereta ini.

Wignoto juga mengakui terdapat sejumlah calon penumpang yang tiba di stasiun namun sudah kehabisan tiket. Wignoto menyarankan para calon penumpang agar memesan tiket melalui online, yakni di KAI Access. Calon penumpang bisa memesan tiket mulai pukul 00.00 WIB di hari keberangkatan.

Kereta lokal ini mengantarkan para calon penumpang dari Stasiun Wonogiri menuju sejumlah lokasi di Kota Sukoharjo dan Kota Solo. Kereta tersebut mengangkut para penumpang sebanyak 172 orang untuk sekali keberangkatan.

Salah satu warga asal Ngadiroyo, Watini, mengaku baru pertama kali memanfaatkan akses Kereta Batara Kresna. Watini naik kereta bersama rombongan keluarganya sebanyak 12 orang. Mereka terdiri dari anak dan cucu Watini.

Watini bersama keluarga besar sudah gasik tiba di stasiun sekitar pukul 07.30 WIB. Watini mengaku pertama kali mencoba naik Kereta Batara Kresna karena ingin mengajak tamasya cucunya ke Kota Solo.

“Ini ngajak cucu, mumpung libur Lebaran. Cucu saya main ke sini dari Boyolali, jadi jalan-jalan saja,” ucap dia.

Sebagai warga asli Wonogiri yang setiap hari berjualan nasi di rumahnya, Watini tidak punya acara adat Lebaran seperti mudik yang dilakukan kebanyakan orang. Hanya, anak dan cucu Watini yang pulang mengunjungi dirinya.

Ia pun mengaku senang bisa menikmati momen Lebaran saat ini. Terlebih, saat sekarang sudah bisa kembali leluasa setelah pandemi Covid-19.

Penumpang lainnya, Annisa Mufti atau akrab disapa Ayik, seorang warga yang tinggal di Kota Wonogiri juga naik kereta Batara Kresna saat itu. Ayik mengaku menjadi pelanggan kereta Batara Kresna karena sudah sering kali naik kereta lokal ini.

Ayik mengaku suasana Lebaran ini memang cukup berbeda bagi dirinya jika ingin naik kereta lokal Batara Kresna. Dirinya harus lebih awal memesan tiket bila tidak ingin kehabisan tiketnya.

“Sekarang harus lebih cepat pesannya karena habisnya cepat,” jelas dia kepada Solopos.com.

Ayik adalah salah satu di antara sekian pemudik yang menuju Kota Wonogiri. Bekerja di Kota Yogyakarta, Ayik mudik dari Kota Pelajar ke Kota Wonogiri menggunakan bus.

Sementara untuk kembali ke Yogyakarta, Ayik lebih memilih menggunakan kereta ketimbang naik bus. Setelah sampai di Kota Solo naik Batara Kresna, Ayik akan melanjutkan perjalanan ke Kota Yogyakarta menggunakan KRL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya