SOLOPOS.COM - Ilustrasi daging ayam. (Solopos-dok)

Solopos.com, KLATEN – Harga daging ayam di Klaten langsung turun bebas sejak H+6 Lebaran, Rabu (19/5/2021). Di sisi lain, harga daging sapi diprediksi juga bakal turun dalam dua hari ke depan.

Salah seorang penjual daging ayam dan daging sapi di Pasar Darurat di Karanganom, Kecamatan Klaten Utara, Slamet, 50, mengatakan harga daging ayam saat sekarang senilai Rp30.000 per kilogram. Padahal, harga ayam sempat senilai Rp38.000 per kilogram saat liburan Lebaran 2021.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Harga ayam naik secara bertahap hingga Rp38.000 per kilogram selama momentum Lebaran. Mulai kemarin [Rabu (19/5/2021)], harganya sudah Rp30.000 per kilogram. Memang tren harga ayam selalu seperti itu, naik saat Lebaran dan turun pascaLebaran,” kata Slamet, saat ditemui Solopos.com, di Pasar Darurat Karanganom, Klaten Utara, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Seram! Kali Pusur di Kenaiban Klaten Diyakini Terdapat Sarang Ular Berukuran Jumbo

Selain harga ayam, lanjut Slamet, penurunan harga juga bakal terjadi untuk daging sapi. Harga daging sapi kualitas terbaik saat libur Lebaran senilai Rp125.000 per kilogram.

“Info dari teman-teman paguyuban penjual daging sapi, harga daging sapi juga akan turun dalam dua hari mendatang. Harga normal daging sapi di pasaran senilai Rp110.000-Rp120.000 per kilogram. Itu harga di luar momentum Lebaran. Nantinya, harga daging sapi juga akan normal,” katanya.

Terpisah, penjual bahan sembako di Pasar Darurat Karanganom, Klaten Utara, Ari Wibowo, mengatakan sebagian besar harga sembako sudah mulai normal memasuki satu pekan pascaLebaran.

“Harga beras, telur, bawang merah, bawang putih, dan lainnya cenderung stabil hingga hari ini. Harga cabai justru turun. Harga cabai rawit merah, dari Rp80.000 per kilogram menjadi Rp50.000 per kilogram. Cabai jenis tampar juga turun dari Rp40.000 menjadi Rp20.000 per kilogram,” katanya.

Baca juga: Wisata Rawa Jombor Klaten Ditata Ulang, Warung Apung Pindah ke Daratan

Hal senada dijelaskan Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perdagangan dan Usaha Mikro Kecil Menengah dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM Klaten), Mursidi. Berbagai harga sembako di Pasar Darurat Klaten mulai stabil dalam beberapa waktu terakhir.

“Hasil pantauan kami masih stabil. Beras kualitas prima senilai Rp10.000 per kilogram dan beras kualitas medium senilai Rp9.000 per kilogram. Harga minyak goreng, baik curah atau pun kemasan senilai Rp14.000 per kilogram. Telur ayam senilai Rp23.000 per kilogram. Sedangkan bawang merah senilai Rp28.000 per kilogram dan bawang putih senilai Rp26.000 per kilogram,” kata Mursidi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya