SOLOPOS.COM - Direktur Teknik PT Transmarga Solo Jogja (JMJ), Pristi Wahyono (kanan), bersama pimpinan proyek Tol Solo-Jogja, M. Ahdal Masruhin (kiri), memberikan penjelasan terkait rencana pembukaan fungsional tol Solo-Jogja saat Libur Nataru di Banyudono, Boyolali, Jumat (24/11/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Tol Solo-Jogja bakal kembali dibuka secara fungsional saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 atau Nataru. Dibandingkan pembukaan fungsional saat Lebaran lalu, ruas tol yang dibuka pada Nataru nanti lebih panjang.

Pada Lebaran lalu, tol Solo-Jogja dibuka fungsional sepanjang 6 kilometer (km) dari Ngasem sampai Kateguhan, Sawit, Boyolali. Sedangkan saat libur Nataru nanti, tol akan dibuka sepanjang 13 km Kartasura, Sukoharjo, hingga Karanganom, Klaten.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pimpinan Proyek (Pimpro) Tol Solo-Jogja, M Ahdal Masruhin, menjelaskan saat ini progres pengerjaan pembangunan paket 1.1 atau ruas Kartasura-Klaten sudah mencapai 74 persen. Kemudian ruas paket 1.2 tercapai 25 persen.

Ia menjelaskan pengerjaan konstruksi rigid telah sampai STA 13 di Karanganom, Klaten. Lebih lanjut, Ahdal menjelaskan persiapan untuk libur Nataru nanti dari STA 0-STA 13 sepanjang 13 kilometer bisa digunakan sehingga pengendara bisa keluar di Gerbang Tol Karanganom pada Nataru nanti.

“Nanti yang di tol bisa langsung lewat Tol Colomadu [jembatan baru]. Yang arteri bisa lewat Exit Tol Banyudono,” jelas dia kepada wartawan di Banyudono, Boyolali, Jumat (24/11/2023).

Ia mengatakan Gerbang Tol Banyudono sudah bisa difungsikan karena separuhnya sudah jalan rigid. Ia mengatakan akan secepatnya merampungkan proses rigid jalan.

“Target kami pada 20-21 Desember sudah selesai semua rigidnya [di Exit Tol Banyudono]. Untuk Exit Ngasem kami tutup, nanti sudah full sesuai jalur, lewat Banyudono,” kata dia.

Ahdal menjelaskan nantinya Gerbang Tol Banyudono akan dilengkapi Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) dan dua flagman. Soal berapa lajur yang akan dibuka fungsional saat Nataru, Ahdal masih menunggu koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub), kepolisian, dan bagian operasional tol.

Ahdal menyampaikan perkiraan rapat mengenai hal itu akan digelar pada awal atau pertengahan Desember. Ia berharap persiapan Nataru dengan pembukaan fungsional tol Solo-Jogja nanti lebih baik  dan lancar dibanding sebelumnya.

“Mungkin untuk jam operasional sama dengan yang kemarin [saat Lebaran 2023],” kata dia.

Seperti diketahui, pada Lebaran 2023 lalu, tol fungsional Solo-Jogja dibuka fungsional sepanjang enam kilometer dari Ngasem sampai Kateguhan, Sawit, Boyolali. Pembukaan fungsional itu mulai Sabtu (15/4/2023)-Senin (1/5/2023).

Namun, jalur tersebut hanya untuk pengguna kendaraan nonbus. Tol kala itu dibuka mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Malam hari ditutup karena belum ada lampu penerangan sepanjang jalan yang dilalui sehingga dikhawatirkan akan membahayakan pengendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya