SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)–Kalangan legislator meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Solo khususnya Dinas Pengelola Pasar (DPP) mengelola Mall Singosaren menyusul habisnya masa kerjasama dengan pihak ketiga pada 2013 nanti.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Solo, YF Sukasno, Senin (22/8/2011). Kasno mengatakan, pengelolaan pasar maupun mall oleh Pemkot sangat menguntungkan ditinjau dari beberapa segi, khususnya dari sisi pendapatan asli daerah (PAD).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kontrak pengelolaan Mall Singosaren di tangan pihak ketiga akan habis pada 2013. Nah menurut saya alangkah baiknya apabila mall nantinya dikelola Pemkot khususnya DPP sendiri. Dari sisi PAD khususnya pasti akan sangat menguntungkan,” ujar dia.

Melihat kondisi Mall Singosaren saat ini, imbuh Kasno, menjadi salah satu tujuan warga ketika akan berbelanja pakaian maupun handphone. Selanjutnya dengan tingginya antusiasme warga datang ke mall, sambung dia, bisa dipastikan pendapatan yang diperoleh Pemkot sangat besar.

“Kalau nantinya mall bisa dikelola Pemkot maka ya baru kali pertama yang seperti itu. Maksud saya, selama ini kan yang diurusi Pemkot barulah pendapatan yang sifatnya sebatas retribusi. Sementara yang di Singosaren itu kan kios-kiosnya dipakai berdasarkan sistem kontrak dan wajib diperbaharui antara satu hingga beberapa tahun sekali,” jelasnya.

Tanpa perlu mengubah sistem kontrak, menurut Kasno, Pemkot bisa melanjutkan pengelolaan Mall Singosaren. “Kalau memang mall jadi dikelola Pemkot akan bagus sekali. Pengelolaan nantinya tetap dipertahankan menggunakan sistem kontrak. Jadi ya sewakan saja kios-kios itu selama satu tahun atau lebih. Sedang pendapatannya bisa disetor sebagai PAD, kan lumayan,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD, Honda Hendarto mengaku sudah menanyakan nasib Pasar Singosaren yang akan habis masa kontraknya kepada DPP. Menurut Honda, DPP menjawab bahwa instansi tersebut belum punya konsep mengenai pengelolaan Singosaren nantinya.

“Jawaban yang kami terima dari DPP katanya mereka belum punya konsep. Nah kalau memang belum ada konsep, ya kita akan menunggu. Nantinya kalau DPP sudah punya rencana Singosaren akan diapakan, tinggal jelaskan kepada kami bagaimana rencana itu. Sementara belum ada rencana untuk Mall Singosaren karena habisnya kontrak juga baru 2013, ya kami dari komisi masih akan menunggu,” paparnya.

(aps)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya