SOLOPOS.COM - Dirut PUDAM Tirta Lawu Karanganyar Prihanto memimpin lelang bekas kendaraan operasional setempat pada Jumat (30/12/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Lelang kendaraan bekas operasional Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Tirta Lawu Karanganyar berlangsung sengit, Jumat (30/12/2022). Para peserta lelang bersaing menawarkan harga penawaran tertinggi dari setiap kendaraan dilelang.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, lelang bekas kendaraan dinas mulai dibuka sejak pukul 09.00 WIB. Lelang itu dipimpin langsung Direktur Umum (Dirut) PUDAM, Prihanto. Ada 18 unit kendaraan dilelang pagi itu. Sebanyak 13 unit di antaranya sepeda motor dan lima lainnya mobil.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Penawaran sengit terjadi pada lelang mobil Toyota Innova tahun 2004 bekas mobil dinas Dirut PUDAM. Panitia membuka harga dasar Rp50 juta, dinaikkan dari awalnya Rp25 juta. Peserta satu per satu menawar hingga akhirnya tertinggi ditawar oleh Dwi Sanyoto dengan nilai penawaran Rp82 juta.

“Mobil Innova berhasil dilelang Rp82 juta. Harga dasar dibuka Rp50 juta,” kata Prihanto.

Prihanto membenarkan harga dasar Toyota Innova dinaikkan dari sebelumnya Rp25 juta menjadi Rp50 juta. Hal ini berdasarkan hasil taksiran dari Dinas Perhubungan (Dishub) Karanganyar.

Baca Juga: PUDAM Karanganyar Lelang Toyota Innova, Harga Dibuka Mulai Rp25 Juta

Selain mobil Toyota Innova, unit sepeda motor dengan hasil lelang tertinggi senilai Rp13 juta dari harga dasar dibuka Rp6 juta. Secara keseluruhan nilai hasil lelang 18 unit kendaraan mencapai Rp359.750.000.

“Hasil lelangnya melebihi dari yang kita targetkan Rp200 jutaan,” kata dia.

Prihanto mengatakan lelang kendaraan bekas operasional ini merupakan kali kedua selama kepemimpinannya. Sebelumnya, lelang kendaraan dinas dilaksanakan pada 2018 silam. Lelang dilakukan demi keselamatan para pekerja PUDAM meskipun mesin kendaraan tersebut masih baik. Dari hasil lelang kendaraan ini, PUDAM akan menggantinya dengan yang baru.

“Kita pengadaan mobil dan beberapa motor untuk operasional. Kita selalu mengedepankan keselamatan pekerja,” katanya.

Baca Juga: Begini Cara Ikut Lelang Mobil Dinas Agar Terhindar dari Penipuan

Kabag Umum PUDAM Tirta Lawu  sekaligus ketua panitia lelang, Heru Widianto, mengatakan ada 200-an karyawan internal yang ikut lelang. Para karyawan ini telah bekerja di PUDAM dengan masa pengabdian lebih dari 10 tahun.

“Jadi lelang kita laksanakan terbuka untuk karyawan PUDAM. Karyawan dengan masa kerja lebih dari 10 tahun yang boleh ikut lelang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya