SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelamar dalam seleksi lelang jabatan. (freepik)

Solopos.com, KARANGANYAR–Sebanyak 12 pejabat eselon III mendaftarkan diri dalam lelang jabatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karanganyar.

Mereka siap berebut kursi kepala dinas di Kabupaten Karanganyar yang kosong karena pejabat sebelumnya pensiun dan dimutasi di tempat lain. Pelaksana tugas (Plt) BKPSDM Karanganyar Isnan Nur Azis mengatakan berkas 12 pelamar ini diterima panitia seleksi di hari terakhir pada 4 Agustus lalu.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Di antara pelamar tersebut terdapat sejumlah camat dan kepala bidang (kabid). “Jadi ada tujuh pelamar untuk jabatan Kepala BKPSDM dan lima pelamar untuk mengikuti seleksi kepala DLH,” kata Isnan, Senin (7/8/2023).

Isnan mengatakan panitia seleksi masih melakukan pemeriksaan berkas administrasi para pelamar. Jika tidak memenuhi persyaratan administrasi, pelamar akan dinyatakan gugur. Lebih lanjut dia mengatakan hasil seleksi administrasi ini akan diumumkan pada tanggal 8 Agustus 2023.

Isnan berharap seluruh pelamar memenuhi persyaratan administrasi sehingga proses seleksi terus berlanjut. “Kita semua berharap para pelamar memenuhi persyaratan administarsi sehingga tidak ada masa perpanjangan pengumuman,” kata dia.

Isnan menjelaskan lelang jabatan digelar mengacu pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Kemudian lelang jabatan merujuk pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2019 tentang pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah.

Dalam aturan itu, bagi pegawai negeri sipil (PNS) yang memenuhi syarat dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi terbuka eselon II tersebut. Di mana di masing-masing formasi minimal ada empat pendaftar. Sesuai jadwal, Isnan mengatakan paling lambat akhir Agustus nanti, pejabat terpilih sudah dapat dilantik. Saat ini lelang jabatan dua kepala OPD ini masih dalam tahap pemeriksaan berkas lamaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya