SOLOPOS.COM - Tengkleng rica Pak Manto. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Makanan khas Solo, tengkleng rica Pak Manto menjadi favorit Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Makanan olahan tulang kambing muda ini disajikan dengan bumbu rica-rica kental dan pedas. Hal ini berbeda dengan tengkleng biasa yang penyajian dengan kuah berwarna kuning. Berdasarkan ulasan yang ada di Google, tengkleng rica Pak Manto ini dihargai Rp65.000 per porsi.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Mengutip informasi di situs resmi Pemkot Solo, tengkleng dengan bumbu rica ini dimasak dengan warna lebih gelap dimasak dengan menggunakan santan dan lebih banyak kecap di dalamnya. Tak lupa ditambahkan cabai dan merica yang cukup banyak sehingga membuat olahan tengkleng rica ini terasa pedas dan memberi sensasi hangat dalam tubuh.

Bahan utamanya tengkleng rica ini adalah tulang kambing muda, tanpa menggunakan bagian kepala kambing. Tulang yang digunakan yang di dalamnya masih mengandung banyak sumsum, atau istilahnya tulang pipa. Sensai pedas dengan menghisap sumsum tulang membuat makanan khas Solo favorit Gibran ini patut dicoba.

Baca Juga: Heboh! Baliho Aurel Hermansyah Pasti Sejahtera, Netizen Duga Mau Nyaleg

Sebagai informasi, Warung Sate Kambing Pak Manto yang berlokasi di Jl Honggowongso, Sriwedari, Laweyan, merupakan salah satu kuliner legendaris yang ada di Solo. Tempat makan ini sudah ada sejak 1990.

Awalnya, pemilik warung makan, Sumanto, hanya berjualan sate kambing, gule, tongseng, dan tengkleng. Pada 1995, dia mencoba berinovasi menciptakan resep tengkleng rica. Siapa sangka, makanan khas Solo favorit Gibran tersebut justru sangat dinikmati dan membuat pelanggannya bertambah banyak.

Baca Juga: Kabar Terbaru Rizky Billar, Janji ke Lesti untuk Jadi Pemimpin yang Melindungi

Dalam video yang disiarkan di kanal Youtube Solopos TV, Sumanto menjelaskan tengkleng rica olahannya merupakan hasil modifikasi resep. Berbeda dengan tengkleng biasanya, tengkleng yang satu ini disajikan tanpa kuah sehingga bisa juga disebut tengkleng goreng. Namun, Sumanto menyebut masakannya dengan nama tengkleng rica.

Diberitakan sebelumnya, salah satu netizen di media sosial Twitter menanyakan kepada Gibran mengenai salah satu kuliner dari Solo yang menjadi favorit dia.

Baca Juga: Ketika Kecantikan Selvi Ananda Banjir Pujian, Begini Reaksi Gibran

Pertanyaan tersebut datang dari pengguna akun Twitter @FitriRisaa. “Mas Gibran coba saranin makanan Solo yang wenak dan khas di Solo. Harus yg kesukaan Mas Gibran,” tanya dia pada Sabtu, 17 Desember 2022.

Pengelola akun resmi Twitter Gibran menyebut orang nomor satu di Kota Bengawan itu merekomendasikan tengkleng rica Pak Manto sebagai salah satu makanan khas Solo yang wajib dicoba.“Tengkleng rica Pak Manto,” jawab @gibran_tweet singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya