SOLOPOS.COM - Masjid Raya Klaten (ilustrasi/JIBI/SOLOPOS/dok)

Masjid Raya Klaten (JIBI/SOLOPOS/Taufiq Sidik Prakoso)

KLATEN – Hal ironis terjadi pada perayaan Hari Raya Idul Adha, yang jatuh pada Jumat (26/10). Pasalnya di mesjid terbesar di Kabupaten Klaten tersebut hanya menyembelih tiga ekor sapi dan satu ekor kambing.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Takmir Mesjid Raya Klaten, Ahmad Syamsudin, saat ditemui Solopos.com, Kamis (25/10/2012) siang, mengatakan sampai hari tersebut baru ada tiga sapi yang sudah pasti disembelih di Mesjid Raya. Tiga ekor sapi tersebut berasal dari kurban Bupati Klaten, Sunarna; Kapolres Klaten, AKBP Kalingga Rendra Raharja dan satu ekor dari takmir mesjid. Sedangkan untuk kambing panitia baru menerima satu buah kambing sumbangan dari Yayasan Al Furqon.

Syamsudin mengatakan minimnya hewan kurban tersebut dikarenakan lokasi Mesjid Raya Klaten yang letaknya jauh dari pemukiman penduduk. Sehingga jumlah sumbangan hewan kurban yang masuk juga sedikit. “Memang kondisinya seperti ini, beberapa tahun lalu malah tidak ada sama sekali penyembelihan kurban di mesjid ini,” ujarnya.

Syamsudin menambahkan, sebenarnya takmir mesjid juga telah melakukan sosialisasi dan permohonan kurban kepada para pejabat dan donatur di Kabupaten Klaten. Akan tetapi para donatur berdalih, sudah menyumbang hewan kurban ke mesjid di pemukiman masing-masing. Selanjutnya hewan tersebut akan di sembelih dan dibagi-bagikan kepada fakir miskin yang ada di lingkungan Mesjid. Tak hanya itu hewan kurban itu nantinya akan dibagikan kepada para peminta-minta yang datang ke Mesjid Raya Klaten.

Sementara itu, untuk pelaksanaan Salat Idul Adha, takmir akan menyelenggarakan shalat di Alun-alun Klaten, dengan Khatib Murtadlo Purnomo dan Imam Ahmad Syamsudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya