SOLOPOS.COM - Menteri BUMN Erick Thohir dan Menhub Budi Karya Sumadi duduk di kereta kuda saat simulasi kirab pengantin Kaesang-Erina di Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (27/11/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO — Keluarga Presiden Jokowi melibatkan banyak orang dalam penyelenggaraan pesta atau tasyakuran nikahan putra bungsu mereka, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono, di Solo dan Jogja, akhir pekan ini.

Panitia pernikahan bakal membagikan paket makanan serta suvenir gratis bagi warga saat kirab pasangan pengantin dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022) pagi. 

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Presiden juga tak menerima sumbangan dalam bentuk apa pun dari para tamu undangan pernikahan. Bagi orang yang sudah lama mengenal dekat keluarga Jokowi, sifat dermawan dan sederhana atau low profile itu merupakan hal yang biasa.

Seperti disampaikan Wali Kelas Kaesang Pangarep saat duduk di Kelas VIII SMPN 1 Solo, Koesnaedi Prabowo, 48. Wali Kelas yang juga guru Bahasa Inggris itu juga pernah mengajar Kahiyang Ayu dan sepupu Kaesang.

Ekspedisi Mudik 2024

“Keluarganya orang berada tapi enggak memperlihatkan. Mereka orang berada tapi sederhana dari dulu,” katanya saat ditemui wartawan di SMPN 1 Solo, Senin (5/12/2022).

Baca Juga: Solo dan Jogja Diprediksi Macet saat Resepsi, Kaesang Pangarep Memohon Maaf

Edi, sapaannya, mengatakan sebelum menjadi Wali Kota Solo pada 2005 lalu, Jokowi pernah menjadi bagian dari Komite SMPN 1 Solo. Jokowi kerap membagikan parcel kepada para guru SMPN 1 Solo.

“Saya menjadi wali kelas sepupu Kaeasang. Kami juga pernah diundang ke villa milik keluarganya Jokowi,” paparnya. Selain itu, Edi pernah mengajar privat keponakan atau anak dari adiknya Presiden Jokowi.

Pernikahan Kaesang Melibatkan Menteri sebagai Panitia

Adik Presiden Jokowi tersebut peduli dengan anak-anaknya. Saat Edi mengajar privat anak tersebut di rumah, adiknya Jokowi kerap menanyakan perkembangan anaknya kepada Edi. Pendidikan bagi anak-anak menjadi perhatian bagi mereka.

Baca Juga: Pedagang Pasar Gede Solo Gelar Selamatan Sambut Pernikahan Kaesang-Erina

Mengetahui sifat sederhana keluarga Jokowi, Edi mengatakan pesta nikahan Kaesang yang melibatkan banyak orang merupakan hal biasa. “Keluarga Presiden Jokowi menikah dengan melibatkan masyarakat karena profil keluarganya memang seperti itu,” ungkapnya. 

Sebagai informasi, sejumlah menteri ikut menyiapkan segala kebutuhan untuk pernikahan Kaesang dengan Erina. Mereka biasanya datang ke Kota Solo pada akhir pekan.

Tampak sejumlah menteri mendampingi Presiden Jokowi di Kota Solo. Di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan.

Baca Juga: Efek Pernikahan Kaesang-Erina, Hotel di Solo Penuh sampai 12 Desember

Selain itu juga Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio juga tampak mendampingi Presiden saat di Solo mengecek persiapan pernikahan Kaesang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya