SOLOPOS.COM - Ilustrasi Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak tujuh pintu perlintasan kereta api (KA) tanpa palang di Klaten bakal dijaga petugas Linmas selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pintu perlintasan itu tersebar di lima kecamatan.

Kepala Satpol PP dan Damkar Klaten, Joko Hendrawan, melalui Kabid Trantib Satpol PP dan Damkar Klaten, Edi Eka Suyanta, mengatakan pengamanan tujuh pintu perlintasan itu berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan pengamanan PT KAI Daop 6 Yogyakarta serta Kasi Trantib beberapa kecamatan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ketujuh perlintasan KA tanpa palang itu tersebar di lima kecamatan. Lokasinya berada di Desa Boto dan Desa Bolali (Kecamatan Wonosari); Desa Mlese (Kecamatan Ceper); Desa Karanganom dan Ketandan (Kecamatan Klaten Utara); Desa Titang (Kecamatan Jogonalan); dan Desa Taji (Kecamatan Prambanan).

Siaga Natal dilakukan selama tiga hari pada 24-26 Desember 2022 dan siaga tahun baru selama dua hari pada 31 Desember 2022 dan 1 Januari 2023. Selama siaga tersebut, masing-masing perlintasan KA tanpa palang pintu dijaga petugas linmas.

“Dari data kami, awalnya ada 11 perlintasan KA tanpa palang pintu di Klaten. Dari hasil rapat koordinasi itu ada tujuh perlintasan KA tanpa palang pintu. Jumlahnya berkurang karena [perlintasan KA tanpa palang pintu] ada yang sudah ditutup,” kata Edi saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (18/12/2022).

Baca Juga: Pemadaman Api di Gudang Pabrik Tekstil Pedan Klaten Rampung Kamis Petang

Terkait jumlah petugas Linmas yang disiagakan, Edi menjelaskan petugas disiagakan dengan jumlah total selama lima hari. Setiap hari ada empat petugas Linmas yang disiagakan dibagi dalam dua sif, atau setiap sif dua orang.

Penempatan petugas Linmas itu dimaksudkan membantu kelancaran perjalanan KA serta keamanan dan kenyamanan warga yang melintas. Pasalnya, ada kecenderungan jumlah orang yang lalu-lalang di perlintasan tanpa palang meningkat saat libur Nataru.

“Sudah dikoordinasikan tentang jam perjalanan KA yang akan melintas di setiap perlintasan tanpa palang pintu,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya