SOLOPOS.COM - Sejumlah anak berinteraksi dengan domba di wahana Cepogo Cheese Park, Boyolali, Senin (12/12/2022). (Solopos.com/Ni’matul Faizah).

Solopos.com, BOYOLALI—Libur natal dan tahun baru (Nataru) menjadi momen paling pas untuk berkumpul bareng keluarga. Bisa berkumpul di rumah saja, atau pelesiran ke tempat wisata.

Salah satu kabupaten di wilayah Soloraya yang memiliki banyak destinasi wisata yakni Kabupaten Boyolali. Berada di antara Gunung Merapi dan Merbabu, Kota Susu ini seolah jadi surganya wisata alam.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sebut saja kompleks wisata di sekitar Kecamatan Selo, Boyolali. Di sana ada puluhan pusat wisata yang bisa dikunjungi bareng keluarga. Salah satunya Kompleks Merapi Garden.

Di dalam Kompleks Merapi Garden terdapat enam destinasi wisata andalan. Salah satunya yakni Bukit Sanjaya yang berjarak sekitar 400 meter dari Merapi Garden. Ada juga Embung Manajar tak jauh dari Bukit Sanjaya, lalu Simpang Pakubuwono VI, De Selokaton, dan Tol Kahyangan.

Baca Juga: Tak Hanya Waduk Cengklik, Ini 5 Tempat Wisata Hits Lainnya di Boyolali

Kompleks lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi saat libur Nataru yakni New Selo yang terletak di Dusun III, Samiran, Selo, Boyolali. New Selo menawarkan pemandangan alam di sekitar Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Berdekatan dengan New Selo, ada Bukit Gancik dan Omah Bambu yang menjual spot wisata dengan latar bangunan berbahan bambu. Selesai dengan perjalanan di Lereng Merapi, saatnya merapat ke kawasan Banyudono, Boyolali.

Selanjutnya, ada destinasi wisata baru di Boyolali yakni Cepogo Cheese Park yang mulai dibuka, Senin (12/12/2022).

Berdasarkan pengamatan Solopos.com di lapangan, pada saat cuaca cerah pengunjung dapat melihat pemandangan daerah yang berada di bawahnya seperti Kabupaten Boyolali dan Kota Solo. Saat mendongak ke barat, pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu terlihat jelas.

Direktur PT Wisata Sapta Pesona, Wenzel Sutantio, mengatakan pada Senin ini Cepogo Cheese Park langsung dibuka untuk umum.

Baca juga: Cheese Park by Cimory akan Dibuka di Boyolali, Ini Fasilitasnya

Wenzel mengatakan beberapa wahana tersedia juga di dalam Cepogo Cheese Park seperti All Terrain Vehicle (ATV), Fun Archery, berfoto dengan hewan-hewan reptil, burung parrot, dan sebagainya.

Lebih lanjut, Wenzel mengatakan kapasitas maksimal Cepogo Cheese Park di Boyolali ini untuk sekali masuk sekitar 500 – 600 orang jika dihitung dari daya tampung mobil sekitar 150 mobil. Ia juga mengatakan konsep dari wisata di Cepogo Cheese Park adalah wisata edukasi yang family friendy.

Kemudian, Chairman PT Wisata Sapta Pesona sekaligus pendiri Cimory, Bambang Sutantio, mengungkapkan Cepogo Cheese Park yang telah dikelola seluas 4,7 hektare.

Bambang mengatakan penetapan harga Rp20.000 per orang tersebut agar Cepogo Cheese Park dapat dijangkau oleh semua kalangan baik masyarakat biasa sampai menengah ke atas.

“Kapasitas parkir sekitar 150 [mobil], cukup besar. Jadi Cepogo Cheese Park merupakan kerja sama antara AKB [Aneka Karya Boyolali] dan Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Boyolali, untuk parkir yang mengelola Kabupaten Boyolali,” tuturnya.

Baca juga: Hore! Cepogo Cheese Park by Cimory akan Dibuka di Boyolali

Sementara, pengunjung yang membawa serta anak-anak mereka bisa mampir ke Waduk Cengklik Park. Destinasi wisata ini memiliki berbagai macam wahana mulai dari kampung sakura, landmark dunia, rumah adat nusantara, ratusan spot foto, dan kolam renang.

Berikut daftar lengkap wisata di Boyolali

1. Umbul Pengging.

Lokasi: Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Boyolali. Umbul atau mata air Pengging merupakan kompleks pemandian peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta. Ada beberapa kolam dari sumber mata air murni yang berada di kompleks Umbul Pengging Boyolali. Mulai dari Umbul Temanten, Umbul Duda, dan Umbul Ngabean.

2.  Kompleks Merapi Garden.

Baca Juga: Libur Lebaran Mau ke Kebun Raya Indrokilo Boyolali? Cek Jadwal Bukanya

Kompleks Merapi Garden berada di Kecamatan Selo.

3. New Selo.

Lokasi: Dusun III, Samiran, Selo, Boyolali Regency. New Selo menawarkan pemandangan alam di sekitar Gunung Merbabu dan Gunung Merapi

4.Bukit Gancik

Lokasi: Dukuh Selo Nduwur, Desa Selo, Kec. Selo, Kabupaten Boyolali.. Gardu pandang di Bukit Gancik menampilkan panorama alam berupa kemegahan Gunung Merapi

Baca Juga: Tempat Usaha Wisata di Boyolali Ini Ditempeli Stiker Aman, Maksudnya?

5. Watu Gajah

Lokasi: Desa Selo, Kecamatan Selo, Boyolali. Watu Gajah merupakan spot yang berada di lereng Gunung Merapi. Tepatnya berada sebelum Pasar Bubrah dari jalur Selo, Boyolali.

6. Omah Bambu

Lokasi: Lencoh, Selo, Kabupaten Boyolali,]. Wisata Omah Bambu Merapi menjual spot wisata alam. Destinasi wisata ini memiliki banyak spot instagramable yang cocok untuk latar foto. Pemandangannya semakin apik dengan latar Gunung Merapi dan perbukitan hijau.

7. Candi Lawang Boyolali

Baca juga: Jelang Libur Nataru, Begini Antrean Ratusan Kendaraan di Pelabuhan Merak Banten

Lokasi: Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Candi Lawang merupakan perpaduan antara wisata alam dan sejarah. Candi Lawang berada di tengah taman yang dikelilingi pepohonan rindang.

8. Brown Canyon

Lokasi: Area Sawah/Kebun, Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Penyematan nama Canyon karena tampilan tempat wisata ini sekilas mirip dengan Grand Canyon di Amerika. Brown Canyon sebenarnya adalah bukit biasa yang sisi-sisinya terkikis akibat penebangan sehingga bentuknya seperti saat ini.

9. Kebun Raya Indrokilo Kemiri

Lokasi: Area Sawah, Butuh, Kec. Mojosongo, Kabupaten Boyolali. Kebun Raya Indrokilo memiliki aneka jenis pohon dan tumbuhan hijau yang bisa memanjakan pemandangan mata.

Baca Juga: Asyiknya Selfie Berlatar 7 Gunung di Oemah Bamboo Selo Boyolali

11. Waduk Bade Boyolali

Lokasi: Desa Bade, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali. Waduk Bade memiliki latar pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Masyarakat biasanya mampir ke waduk ini untuk menikmati matahari terbenam.



12. Waduk Cengklik Park

Lokasi: Desa Margorejo, Kecamatan Ngemplak, Boyolali. Terdapat banyak wahana wisata di tempat ini. Misalnya kampung sakura, landmark dunia, rumah adat nusantara, ratusan spot foto, kolam renang, bioskop virtual reality, monorail, bom bom car, dan kereta mini.

Baca juga: Waduh! Jalan ke Kawasan Wisata Selo Boyolali & Cepogo Cheese Park Macet

13. Bale Rantjah Umbul Tirtomulyo

Lokasi: Kemasan, Kecamatan Sawit, Boyolali Umbul atau mata air ini merupakan pemandian umum peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta. Umbul ini juga sering dijadikan sebagai pusat terapi penyakit tertentu.

14. Cepogo Cheese Park 

Wisata terakhir yang layak dikunjungi saat libur Nataru yakni Cepogo Cheese Park merupakan wisata baru di Boyolali yang bisa difungsikan sebagai wisata keluarga. Biaya masuk lokasi ini hanya sekitar Rp20.000.

Berdasarkan pengamatan Solopos.com di lapangan, pada saat cuaca cerah pengunjung dapat melihat pemandangan daerah yang berada di bawahnya seperti Kabupaten Boyolali dan Kota Solo. Saat mendongak ke barat, pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu terlihat jelas.

Baca juga: Jateng bakal Didatangi 8,7 Juta Orang saat Nataru

 







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya