SOLOPOS.COM - Suasana proyek rel layang di Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, saat malam. Foto diambil belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Libur Hari Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) tinggal hitungan hari, namun proyek besar yang sedang dikerjakan di Kota Solo seperti penggantian Jembatan Jurug B dipastikan terus berlangsung. Beberapa proyek ikut libur atau berhenti sementara selama libur Nataru.

General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama, Bambang Nurhadi, menegaskan proyek Jembatan Jurug B dipastikan terus saat libur Hari Natal dan Tahun Baru 2023. Pekerjaan akan dilakukan di area yang tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Nanti melihat kondisi arus lalu lintas juga terutama saat libur Nataru apakah lebih padat. Kami akan koordinasi dengan Dinas Perhubungan [Dishub] Kota Solo,” jelasnya kepada Solopos.com, pada Rabu (14/12/2022).

Sebagai informasi, saat ini proyek penggantian Jembatan Jurug B Solo sedang memasuki tahap pemasangan fondasi di bagian barat. Pengerjaan fondasi sisi timur sudab selesai.

Pekerjaan di Jembatan Jurug B diklaim lebih cepat dari rencana awal, di mana mestinya pengerjaan fondasi Jembatan Jurug B baru dimulai Januari 2023 namun saat ini sudah berjalan. Jembatan Jurug B ditargetkan selesai pada Oktober 2023.

Baca Juga: Proyek Jembatan Jurug B Solo: Fondasi Timur Kelar, Alat Berat Dipindah ke Barat

Berbeda dengan Jembatan Jurug B, pekerjaan proyek rel layang di Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, dipastikan berhenti sementara saat libur Nataru 2023. Hal tersebut diungkapkan Site Manager Proyek Pembangunan Jalur KA Elevated Solo Balapan-Kadipiro, Dendy Purbowo.

“Kalau Nataru kami pasti libur, pengerjaannya kami akan hentikan dulu kemungkinan awal Januari 2023 baru akan jalan lagi,” urai Dendy kepada Solopos.com, Rabu.

Pengerjaan pembangunan rel layang Simpang Joglo saat ini sudah memasuki tahap pengerjaan struktur jembatan mulai dari fondasi hingga pembangunan pilar. Pengerjaan pilar yang dimulai pada Agustus 2022 diharapkan rampung pada Februari 2023.

Baca Juga: Rel Layang Joglo Solo: Pilar-Pilar Penyangga Sudah Terpasang di Selatan Simpang

Setelah itu akan berlanjut ke pengerjaan tahap ketiga pada tahun depan bersamaan dengan pembangunan underpass di Simpang Joglo. Pada tahap ketiga pengerjaan rel layang akan memasuki pengerjaan super structure rangka baja.

Rencananya ada perpanjangan bentang rangka baja di sisi selatan. Pada tahap ini, Jl Kolonel Sugiono akan ditutup secara total.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya