SOLOPOS.COM - Penghitungan suara di TPS 003 Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, Rabu (14/2/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Pemungutan suara dalam Pemilu 2024 digelar Rabu (14/2/2024). Dalam pemilu kali ini pemilih memilih capres-cawapres, caleg untuk DPRD kabupaten/kota, caleg untuk DPRD provinsi, caleg untuk DPR, dan calon anggota DPD.

Berikut ini kemeriahan pemungutan suara dalam Pemilu 2024 di Kabupaten Klaten yang dirangkum Solopos.com dalam live event.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Live Event Pemilu 2024 di Klaten

  • 14.30 WIB

Pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran, unggul di TPS 003 Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, tempat Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, mencoblos. Pasangan Prabowo-Gibran di TPS tersebut meraih 103 suara. Sementara pasangan nomor urut 1 Anies-Muhaimin meraih 54 suara dan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud meraih 51 suara.

Di sisi lain, pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar-Mahfud, unggul dengan perolehan 103 suara di TPS 011 Dukuh Posakan Barat, Desa/Kecamatan Cawas tempat Bupati Klaten, Sri Mulyani, dan suaminya yang juga mantan Bupati Klaten, Sunarna. Sementara Prabowo-Gibran meraih 96 suara dan Anies-Muhaimin meraih 33 suara.

  • 14.00 WIB

KPU Klaten memastikan secara umum proses pemungutan suara berjalan sangat lancar. Seluruh TPS menyelesaikan proses pemungutan pukul 13.00 WIB dilanjutkan penghitungan suara.

Tidak ada TPS yang memperpanjang waktu pemungutan suara. “Memang ada beberapa kejadian misalkan ada surat suara yang kekurangan kemudian ada pergeseran dengan sepengetahuan Panwas dan Bawas,” kata Ketua Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Klaten, Muhammad Ansori.

Pemilu 2024 klaten
Suasana pemungutan suara di TPS 01 Dukuh Tengahan, Buntalan, Klaten Tengah, Klaten, Rabu (14/2/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)
  • 13.00 WIB

TPS 01 Dukuh Tengahan, Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah, sempat mengalami kekurangan untuk surat suara Pilpres sekitar 99 lembar. Kekurangan itu kemudian bisa dipenuhi setelah dilakukan pergeseran dari sisa surat suara TPS terdekat.

Sementara itu, surat suara lainnya yakni surat suara pemilihan DPD, DPR, DPRD Provinsi Jateng, dan DPRD Klaten tidak mengalami kekurangan. Proses pemungutan suara di TPS tersebut tetap berjalan hingga selesai pukul 13.00 WIB.

  • 12.00 WIB

Petugas KPPS di wilayah Kecamatan Pedan, Klaten, mulai melakukan pelayanan jemput bola. Mereka mendatangi rumah pemilih yang tak bisa memberikan hak pilih ke TPS lantaran sakit serta lansia. “Sampai pukul 12.00 WIB tingkat kehadiran pemilih ke TPS mencapai 80 persen. Saat ini KPPS melakukan pelayanan jemput bola,” kata Sarwono.

Pelayanan itu dilakukan KPPS bersama saksi dan pengawas TPS. Mereka mendatangi satu per satu rumah pemilih yang tidak bisa datang ke TPS.

Pemilu 2024 Klaten
Petugas KPPS dan pengawas TPS hingga saksi di wilayah Pedan, Klaten, melakukan jemput bola ke rumah warga yang tak bisa datang ke TPS, Rabu (14/2/2024) siang. (Istimewa)
  • 10.15 WIB

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mencoblos di TPS 11 Dukuh Posakan Barat, Desa/Kecamatan Cawas. Mulyani tiba di TPS bersama suami, Sunarna, dan kedua putranya.

Pemilu 2024 klaten
Bupati Klaten, Sri Mulyani, bersama suami dan dua putranya memasukkan surat suara yang sudah dicoblos di TPS 11 Dukuh Posakan Barat, Desa/Kecamatan Cawas, Klaten, Rabu (14/2/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)
  • 09.35 WIB

Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, mencoblos di TPS 03 Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten. Yoga mendatangi TPS bersama istri dan anaknya.

Pemilu 2024 Klaten
Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya bersama istrinya Endang Yoga Hardaya memasukkan surat suara yang sudah dicoblos di TPS Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Rabu (14/2/2024). (Istimewa)
  • 09.00 WIB

Pemilih datang silih berganti di TPS 11, Dukuh Posakan Barat, Desa/Kecamatan Cawas, Klaten, yang menjadi tempat Bupati Klaten, Sri Mulyani, memberikan hak suaranya. Total ada 275 pemilih yang terdaftar di DPT TPS tersebut.

Pemilu 2024 Klaten
Situasi di TPS 11, Dukuh Posakan Barat, Desa/Kecamatan Cawas, Klaten, tempat Bupati Klaten Sri Mulyani bakal mencoblos pada Rabu (14/2/2024) sekitar pukul 09.00 WIB. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya