SOLOPOS.COM - Ilustrasi komputer (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

SUKOHARJO--Lembaga Muda Mandiri (LMM) Soloraya yang berada di Desa Kayuapak, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo meluncurkan program Information and Communication Technology (ICT), Minggu (13/1/2013).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Program tersebut dikembangkan untuk membimbing generasi muda dalam dunia bisnis berbasis teknologi informasi. Selain itu, LMM Soloraya juga meluncurkan ruang workhsop entrepreneur yang digunakan untuk ruang diskusi bagi remaja masjid.

Ketua LMM Soloraya, Abdullah Zailani, mengatakan ICT diluncurkan untuk menggugah generasi muda untuk menjadi pengusaha berbasis IT. Target yang ingin dicapai yakni agar warga desa tidak tergantung dengan pekerjaan, melainkan justru menciptakan pekerjaan.

“IT entrepreneur ini akan dimanfaatkan oleh remaja masjid yang berumur lebih dari 18 tahun,” ujar Zailani saat ditemui Solopos.com di sela-sela peluncuran ICT di Masjid Jami Kayuapak.

Pihaknya sengaja membuat sarana tersebut bagi anak-anak muda lantaran kalangan muda lebih suka inovasi sekaligus memberikan kegiatan positif bagi mereka. Menurut Zailani, ke depan LMM fokus untuk membantu warga pedesaan dan jauh dari sarana yang memadai.  Bantuan yang diberikan antara lain pendampingan usaha kecil bagi masyarakat, pelatihan kepemimpinan bagi pemuda, pendidikan keagamaan serta pendidikan IT.

“Mayoritas masyarakat bawah kesulitan untuk mengakses informasi. Padahal itu sangat perlu untuk peningkatan kemampuan diri,” terang Zailani.

Selanjutnya bila sudah terbentuk beberapa kelompok usaha, maka ke depan akan dibuat semacam jaringan yang berkesinambungan. Dengan memberikan sarana akses informasi, sambungnya, maka diharapkan bisa menambah pengetahuan warga mengenai berbagai peluang usaha yang bisa mereka garap.

Setelah mengetahui berbagai peluang usaha itu, imbuh Zailani, setidaknya bisa memotivasi mereka untuk berwirausaha. Warga yang belum memiliki pekerjaan juga bisa mengikuti berbagai workshop kewirausahaan. Untuk jangka waktu tertentu, imbuhnya, LMM akan mendatangkan beberapa praktisi dunia bisnis untuk berbagi pengalaman dengan warga setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya