SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembangunan sektor perumahan (freepik)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bersama PT Taspen telah menentukan lokasi lahan untuk pembangunan perumahan bagi aparatur sipil negara atau ASN. Skema pembelian huniannya nanti menggunakan down payment atau DP nol persen (0%).

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat ditemui di Balai Kota Solo, Rabu (2/11/2022), menjelaskan Pemkot Solo telah menyediakan lahan khusus rumah susun bagi ASN.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Ditunggu sik. Yang jelas kemarin bersama Pak Dirut Taspen [Direktur Utama PT Taspen Antonius Nicholas Stephanus Kosasih]  sudah menyediakan lahan khusus rusun,” katanya.

Gibran menjelaskan Taspen juga telah mendapatkan lahan untuk perumahan tapak bagi ASN Pemkot Solo. Namun, Gibran belum mau menyampaikan lokasi lahan yang bakal digunakan untuk membangun perumahan tersebut.

Menurut Gibran, yang jelas lahan untuk pembangunan rusun itu berlokasi di dalam Kota Solo. Lahan itu merupakan milik Pemkot Solo yang belum dimanfaatkan atau lahan kosong sejauh ini.

Baca Juga: Kisah ASN Solo Nglaju dari Jogja, Sebulan Habis Rp850.000 untuk Transport

“Di Solo banyak sekali PNS [pegawai negeri sipil] yang komuter ya. Ada yang paling jauh dari Jogja numpak KRL [kereta rel listrik]. Tak hanya satu ya. Nanti kami prioritaskan yang golongan ini,” paparnya.

Selain rumah yang jauh dari kantor, menurut Gibran, ASN yang diprioritaskan merupakan ASN muda yang belum memiliki hunian sendiri. Pemkot Solo ingin mempermudah para ASN lingkungan Pemkot Solo mendapatkan tempat tinggal layak. 

Sosialisasi kepada ASN

“Pokoknya kami ingin mempermudah para ASN untuk mendapatkan hunian yang layak huni. Skemanya sudah kami hitung,” jelasnya.

Baca Juga: ASN Nglaju Solo-Jogja Habis Rp850.000/Bulan di Jalan, Ini Perinciannya

Ditanya kapan akan melakukan sosialisasi kepada para ASN Pemkot Solo mengenai rencana pengadaan perumahan tersebut, Wali Kota Solo itu meminta para ASN menunggu dulu. “Durung sosialisasi saja sudah mengantre kabeh. Skemanya sangat enak,” jelasnya.

Sementarai itu, Direktur Utama Taspen bersama Direktur Utama Taspen Properti Indonesia Bayu Utomo bertemu Wali Kota Solo pada acara Closing Ceremony Solo Great Sale di kawasan Pasar Klewer, Minggu (30/10/2022).

Taspen Solo melalui akun Instagram resminya @taspen.surakarta menjelaskan Taspen dan Pemkot Solo akan mengerjakan program penyediaan rumah bagi ASN di Kota Solo.

Baca Juga: Walah, 50 Persen ASN Pemkot Solo Ternyata Belum Punya Rumah

Program tersebut diharapkan dapat mempermudah para ASN aktif di Kota Solo agar memiliki rumah yang layak huni dengan fasilitas pendukung lengkap dan prasarana transportasi yang mendukung mobilitas.

Program perumahan ASN ini memiliki cicilan jangka panjang dan DP 0% yang sangat bermanfaat bagi ASN di Kota Surakarta,” tulis keterangan pada caption foto di unggahan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya