SOLOPOS.COM - Para finalis Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Sragen 2022 yang berhasil lolos rangkaian tes dalam seleksi pemilihan pada Sabtu (30/7/2022) di SMA Negeri 2 Sragen. (Istimewa/ Zainun Dwiyana)

Solopos.com, SRAGEN — Sepuluh finalis berhasil lolos seleksi pemilihan Duta Generasi Berencana atau GenRe Kabupaten Sragen 2022. Nantinya mereka menjalani karantina hingga grand final pada 20 Agustus 2022. Satu finalis terdiri atas sepasang peserta putra dan putri, sehingga total ada 20 orang yang menjalani karantina.

Pemilihan Duta GenRe digelar Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Kabupaten Sragen. Seleksi sepuluh finalis dilaksanakan pada Sabtu (30/7/2022) di SMA Negeri 2 Sragen mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Rangkaian tes dalam proses seleksi meliputi tes tertulis, tes minat bakat, tes wawancara, dan tes public speaking. Seleksi Duta GenRe Sragen 2022 tahun ini diikuti 55 pendaftar yang terdiri atas pendaftar umum, perwakilan sekolah, dan perwakilan kecamatan.

“Kriteria Duta GenRe yang dicari adalah memiliki semangat belajar yang tinggi dan mau berproses bersama,” ungkap Duta GenRe Putri Kabupaten Sragen 2021, Zainun Dwiyana, saat dihubungi Solopos.com melalui Whatsapp, Minggu (31/7/2022).

Zainun mengatakan tidak ada kendala yang ditemui saat proses seleksi. Pemilihan pemenang akan dilaksanakan saat grand final pada 20 Agustus 2022. Sebelumnya para finalis akan mengikuti karantina.

Baca Juga: Hari Anak Nasional 2022, Bupati: Anak-Anak Sragen Harus Ceria & Bangga

Seleksi kali ini juga berbeda dibandingkan tahun sebelumnya karena dilaksanakan secara terbuka. Para finalis Duta GenRe pada Minggu (31/7/2022) hadir di Festival Anak Sragen yang dilaksanakan Forum Anak Sukowati (Forasi) di halaman Kantor Bupati Sragen.

Sepuluh finalis Duta GenRe 2022 tersebut memperkenalkan diri masing-masing kepada Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, yang juga hadir di acara tersebut.

Tugas utama Duta GenRe adalah memberikan informasi terkait cara menghindari tiga permasalahan remaja, yaitu perkawinan usia anak, seks bebas, serta narkoba.

Baca Juga: Jadi Duta GenRe Sragen, Tak Hanya Tambah Teman Sebaya, Tapi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya