SOLOPOS.COM - Pembukaan Porseni NU 2023 cabang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di Gedung Graha Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta, Selasa (17/1/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni atau Porseni Nahdlatul Ulama atau NU tahun 2023 cabang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) diselenggarakan di Gedung Graha Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta, Selasa (17/1/2023).

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Miftah Faqih mengatakan Porseni NU ini agar menjadi ajang kompetisi sekaligus untuk mempererat persaudaraan bagi kaum santri.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Porseni NU ini untuk mencari bibit unggul, sekaligus menjadi ajang untuk menjalin solidaritas dan persaudaraan,” ujar dia seperti dalam rilis yang diterima Solopos.com, Selasa (17/1/2023).

Menurut dia, persaudaraan yang dimaksud terdiri dari empat tahapan, yakni perkumpulan, perkenalan, persatuan, dan persaudaraan.

Lebih lanjut, kata Miftah, usia satu abad NU ini menjadi momen yang wajib untuk disyukuri. “Di pengujung satu abad ini, ada kegembiraan yang harus kita syukuri bersama. Semua elemen harus terlibat dalam rasa syukur ini,” papar dia.

Elemen yang dimaksud adalah pelajar, santri, dan mahasiswa. Ketiganya, diharapkan dapat menjadi generasi masa depan NU dan bangsa.

Lebih lanjut, mewakili Rektor, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) UIN Raden Mas Said Surakarta, Islah, mengaku senang karena sudah diberikan kepercayaan untuk menjadi salah satu lokasi perlombaan Porseni NU 2023.

“Ini sungguh baik, ini kegiatan keagamaan dan kita berjejaring dengan NU. Kami juga berharap mahasiswa kita ikut berpartisipasi. Semoga acara berjalan lancar dan tentu kami dari pihak kampus mohon maaf apabila masih banyak kekurangan,” ujarnya.

Secara teknis, lomba MTQ mempertandingkan tiga kategori yakni pelajar, santri, dan mahasiswa. Masing-masing untuk putra dan putri. 

Koordinator Lomba MTQ Porseni NU Sunhaji mengatakan perhelatan MTQ yang merupakan bagian dari Porseni NU ini baru kali pertama digelar. “Kita harapkan jadi ajang silaturahmi dan membawa kebahagiaan untuk semua,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya