SOLOPOS.COM - keselamatan 15 warga Mundon, Burikan, Cawas yang tinggal di bawah bukit itu. (JIBI/Solopos/Ashoquib Angriawan)

Solopos.com, KLATEN — Batu sebesar rumah longsor dan menggelinding dari tebing kapur di perbatasan Gunung Kidul-Klaten. Akibatnya, batu yang sangat besar itu mengancam keselamatan 15 warga Mundon, Burikan, Cawas, yang tinggal di bawah bukit.

Pantauan Solopos.com di lokasi, batu yang longsor itu memiliki panjang sekitar 8 m dan tinggi lebih dari 3 m. Batu yang jatuh dari tebing kapur setinggi 100-an m itu berhenti di balik rimbunnya semak-semak. Jarak batu yang longsor dengan rumah warga sekitar 300 meter. Kondisi tersebut membuat warga was-was karena sewaktu-waktu batu kembali meluncur dan mengancam keselamatan warga.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sementara itu, tampak retakan-retakan di atas bukit. Kondisi itu memunculkan kekhawatiran terjadinya longsor batu susulan. Salah satu warga setempat, Sugino, 40, mengatakan batu seukuran rumah itu longsor sejak pertengahan Desember lalu. Batu tersebut longsor saat hujan deras mengguyur kawasan Cawas dan sekitarnya selama tiga hari berturut-turut. “Rasanya was-was saat hujan karena batu bisa longsor kapan saja,” ungkapnya kepada wartawan di lokasi, Kamis.

Bersama puluhan warga lain, sambungnya, dia siap mengungsi jika kondisi benar-benar dalam bahaya. Pihaknya berharap agar pemerintah di dua kabupaten tersebut segera bertindak sebelum ada korban jiwa.

Sementara itu, Kepala Desa Burikan, Cawas, Maryadi, mengatakan ada delapan rumah warga yang terancam tertimpa batu yang longsor itu. “Delapan rumah itu dihuni sekitar 18 orang. Keselamatan belasan warga itu kini terancam,” paparnya kepada wartawan di lokasi, Kamis.

Dia mengaku khawatir saat terjadi hujan lebat. Pasalnya, batu biasanya bergerak karena tanah dibawahnya cukup labil. Pihaknya meminta agar pemerintah segera bertindak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya