SOLOPOS.COM - Sejumlah sukarelawan berusaha membersihkan material tanah longsor yang menutup akses jalan di Karanganyar, Jumat (24/3/2023). (Istimewa/BPBD Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Hujan deras yang mengguyur wilayah lereng Gunung Lawu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, mengakibatkan bencana tanah longsor di beberapa lokasi pada Jumat (24/3/2023). Jalan penghubung tiga desa sempat tertutup material tanah longsor.

Tanah longsor bahkan sempat menutup akses jalan penghubung Desa Dukuh, Kecamatan Ngargoyoso dan Desa Dayu, Karangpandan serta Desa Nglegok Kecamatan Ngargoyoso. Hingga Jumat malam, proses evakuasi masih berjalan. Listrik di sekitar lokasi bencana tanah longsor juga masih padam.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kades Nglegok, Eko Wahyudi, mengatakan tanah longsor terjadi di tebing wilayah RT 002 RW 005. Longsor tersebut terjadi sekitar pukul 16.30 WIB, setelah wilayahnya diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

“Tebing longsor mengakibatkan pohon nangka ikut tumbang dan menutup akses jalan DPU (Kabupaten),” kata dia kepada Solopos.com.

Pohon nangka yang tumbang itu menimpa tiang listrik sehingga mematikan aliran listrik di wilayah tersebut. Hingga kini proses evakuasi pembersihan material longsoran masih berjalan.

Pembersihan material longsor melibatkan sukarelawan, TNI, Polri dan dibantu masyarakat setempat. Material longsoran ini menutup akses jalan penghubung Desa Dayu dengan Desa Dukuh.

“Batang pohon yang melintang di jalan sudah dibersihkan. Supaya kendaraan bisa lewat. Sedangkan material tanah sisa longsor, akan disingkirkan Sabtu (25/3/2023) besok,” katanya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Bagoes Darmadi mengaku masih menginventarisasi bencana tanah longsor yang menerjang sejumlah wilayah di Karanganyar. Beberapa bencana tanah longsor terjadi di wilayah Ngargoyoso dan Karangpandan.

“Data sementara di Nglegok itu. Lalu ada juga di Desa Dukuh dan Dayu. Semua masih kita data. Kondisinya sampai malam ini masih hujan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya