SOLOPOS.COM - ilustrasi berkas lamaran seleksi CPNS (JIBI/Dok)

Solopos.com, SOLO–Sebanyak 63 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kota Solo tahun ini terancam dicoret lantaran tak memenuhi kualifikasi yang ditentukan. Tercatat ada 504 warga yang telah menyerahkan berkas lamaran hingga hari keenam pendaftaran, Rabu (25/9/2013).

Kabid Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo, Lancer S. Naibaho, saat ditemui wartawan di Balai Kota, Rabu (25/9), mengatakan sebanyak 63 berkas lamaran diketahui tidak memenuhi syarat (TMS) pascaverifikasi yang dilakukan timnya. Rata-rata pelamar terganjal pada kualifikasi pendidikan hingga berkas administratif yang belum lengkap. Diketahui, tahun ini Pemkot hanya merekrut 35 CPNS yang bakal diplot menjadi guru SD dan SMK.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Misalnya lulusan S1 Hukum, tentu saja tidak pas melamar guru SD. Ada pula yang melamar tenaga teknis yang tidak tercantum dalam formasi yang dibutuhkan,” tuturnya.

Untuk ketidakcocokan kualifikasi pendidikan, pihaknya memastikan pelamar bakal dicoret dari seleksi CPNS. Sementara bagi pelamar yang belum melengkapi berkas administratif, pihaknya masih menunggu perbaikan hingga 30 September. Lancer mengaku telah mengunggah data pelamar yang telah lolos seleksi administratif melalui website BKD dan surat-menyurat.

“Pelamar yang belum melengkapi berkas administratif maupun tidak lolos juga kelihatan di situ.”
Lancer mengatakan, verifikasi melalui pos dan online diharapkan mampu mengantisipasi tudingan miring yang dialamatkan ke Pemkot. Pihaknya sebisa mungkin meminimalisasi kontak langsung dengan pelamar agar seleksi benar-benar transparan. “Kami ingin tunjukkan ke masyarakat kalau BKD berlaku fair,” tukasnya.

Koordinator Pengiriman Berkas CPNS dari PT. Pos Indonesia Area Solo, Tati Nurhayati, memprediksi pengiriman lamaran CPNS 2013 bisa mencapai 1.000 berkas pada tenggat akhir, 30 September. Namun demikian, pihaknya menilai jumlah tersebut masih jauh dibanding rekrutmen CPNS 2010. “Ini mengingat posisi yang ditawarkan hanya 35 kursi guru. Kalau rekrutmen sebelumnya, jumlahnya lebih dari 1.000 lamaran,” ujarnya.

Pantauan solopos.com, Kantor Pos menyiapkan satu loket khusus untuk melayani pengiriman lamaran CPNS Solo maupun 11 kota/kabupaten lain di Jawa Tengah. Sejauh ini, BKD telah mengembalikan 20 dokumen pelamar memenuhi syarat melalui pos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya