SOLOPOS.COM - ilustrasi penerimaan CPNS (dok)

Solopos.com, SOLO — Buku tes penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) diburu masyarakat seiring dengan pembukaan lowongan CPNS oleh pemerintah. Pelaksanaan tes yang tidak serempak dan banyaknya lowongan yang dibuka membuat penjualan buku tes CPNS tahun ini meningkat 15%.

Store Manager Gramedia Solo, Bernadus Singgih H., menyampaikan penjualan paling tinggi terjadi sebulan lalu setelah pemerintah mengumumkan akan membuka tes CPNS. Hal ini karena biasanya persiapan dilakukan sejak jauh hari.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Tingginya permintaan tersebut membuat beberapa judul buku mengalami kekosongan pada akhir Agustus lalu. Menurut dia, meski masih ada permintaan tapi saat ini sudah mulai turun jika dibandingkan sebelumnya. Namun dia menyampaikan penjualan buku CPNS ini masih akan terus berlangsung lama karena tes tidak dilakukan secara serempak.

“Kalau tahun lalu ada dua jenis buku yang laku, yakni model CAT [computer assisted test] dan belum CAT. Tapi kalau tahun ini buku nonCAT tidak laku jadi 20-an judul itu model CAT semua dan ada simulasinya,” ungkap Singgih saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (5/9/2014).

Dia menuturkan penjualan buku CPNS kali ini sekitar 2.000 eksemplar untuk Gramedia Slamet Riyadi dan Gramedia Solo Square atau naik 15% jika dibandingkan tahun sebelumnya karena lowongan yang dibuka lebih banyak. Diakuinya euphoria masyarakat untuk mendaftar CPNS biasanya lebih banyak ketika akan mengikuti seleksi di tingkat kementerian dan lembaga negara.

Sedangkan minat masyarakat untuk membeli buku saat mengikuti tes CPNS di daerah biasanya lebih rendah, hanya 40% dari saat mengikuti seleksi di kementerian atau lembaga negara yang tingkatnya nasional.

Hal ini karena saingan yang cukup banyak sehingga biasanya untuk menghadapi tes melakukan persiapan dengan sungguh-sungguh. Oleh karena itu, buku ensiklopedia pada pendaftaran CPNS kali ini juga meningkat jika dibandingkan hari biasa.

Lebih Tinggi
Sementara itu Store Manager Togamas, Arif Susanto, menyampaikan penjualan buku tes CPNS saat ini masih tinggi meski sudah melewati puncaknya. Bahkan penerbit sempat kewalahan memenuhi kebutuhan konsumen karena tingginya animo masyarakat ini.

“Antusiasme konsumen membeli buku tes CPNS kali ini lebih tinggi jika dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini karena lowongan yang dibuka banyak juga karena penerbit merevisi isi buku sehingga banyak yang berminat untuk membeli baru,” ujarnya.

Dia menuturkan sudah lama menyediakan buku tes CPNS yakni sejak Maret lalu. Hal ini karena  sebelumnya pemerintah berencana membuka lowongan CPNS pada bulan tersebut tapi kemudian diundur hingga Agustus. Meski begitu, diakuinya sejak Maret lalu sudah ada yang mencari buku tes CPNS. Hingga saat ini tercatat ada sekitar 1.175 buku yang telah terjual.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya