SOLOPOS.COM - Warga pencari kerja mengurus kartu kuning di kantor Dinsosnakertrans Karanganyar beberapa waktu lalu. Pada masa-masa pembukaan lowongan kerja khususnya CPNS, jumlah pencari kartu kuning mengalami peningkatan. (JIBI/SOLOPOS/Triyono)

Warga pencari kerja mengurus kartu kuning di kantor Dinsosnakertrans Karanganyar beberapa waktu lalu. Pada masa-masa pembukaan lowongan kerja khususnya CPNS, jumlah pencari kartu kuning mengalami peningkatan. (JIBI/SOLOPOS/Triyono)

KARANGANYAR – Permintaan kartu pencari kerja atau AK-1 di Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Karanganyar meningkat hingga 40 persen. Peningkatan tersebut disebabkan mayoritas pemohon AK-1 ingin melamar lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tingkat pemerintah pusat.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Karanganyar, Martadi, mengatakan hingga tanggal 25-7-2012, jumlah pemohon AK-1 berjumlah 3.766 buah. Kondisi ini mengalami peningkatan cukup signifikan setiap hari. “Pemohon AK-1 sekitar 80-100 buah per hari, padahal sebelumnya hanya 40-50 buah per hari,” ujarnya, Rabu (25/7/2012).

Mayoritas pemohon AK-1 ingin melamar lowongan CPNS yang dibuka oleh beberapa Kementerian di Jakarta. Sebagian besar pemohon AK-1 merupakan lulusan SLTA dan Strata 1 (S1) yang ingin mengadu nasib melamar lowongan CPNS.

Selama ini, pihaknya telah bekerjasama dengan sejumlah perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Sehingga, apabila ada lulusan SLTA yang mempunyai keahlian yang dibutuhkan maka dapat disalurkan ke perusahaan tersebut. “Informasi berbagai lowongan kerja juga ditempel di papan pengumuman agar masyarakat mengetahui,” jelasnya.

Menurutnya, para pencari kerja di Karanganyar masih ingin bekerja di wilayah yang tidak jauh dari kampung halaman terutama di Soloraya. Ada beberapa pencari kerja yang bekerja di luar Pulau Jawa seperti Batam dan Balikpapan, namun jumlahnya sedikit.

Sementara seorang pencari kerja Hendrawan Susanto, mengungkapkan dia ingin melamar lowongan kerja di salah satu BUMN. Salah satu persyaratan lamaran dengan melampirkan AK-1. Menurutnya, beberapa teman sekolahnya juga ikut memohon AK-1 untuk melamar pekerjaan. “Minggu depan sudah harus dikirim lamaran, makanya sekarang permohonan AK-1 diurus,” tambah lulusan SMKN 1 Karanganyar tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya