SOLOPOS.COM - Ilustrasi, penyaluran raskin (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ilustrasi, penyaluran raskin (JIBI/SOLOPOS/dok)

KLATEN—Lima pemerintah kecamatan (pemcam) di Kabupaten Klaten mendapatkan reward atau penghargaan dari Subdivre III Perum Bulog Soloraya karena berhasil melunasi hasil penjualan beras (HPB) raskin tercepat di antara 21 pemcam lainnya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Hal itu dikemukakan Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian, Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Pri Harsanto saat ditemui wartawan di kantornya, Rabu (1/8/2012). Kelima pemcam yang mendapatkan reward itu adalah Juwiring, Klaten Tengah, Prambanan, Ngawen dan Gantiwarno. Kelima pemcam itu mampu melunasi HPB pada H-1 atau H-2 sebelum beras untuk warga miskin (raskin) didistribusikan.
“Pelunasan HPB yang tepat waktu merupakan salah satu indikator dari keberhasilan penyaluran raskin. Sebenarnya semua kecamatan tepat waktu melunasi HPB, akan tetapi lima kecamatan itu yang tercepat,” kata Pri.

Pri menjelaskan, reward yang diberikan kepada lima pemcam itu berupa sejumlah uang. Pri menyebut nilai reward itu tidak seberapa. Akan tetapi, reward itu menjadi tambahan prestasi bagi lima pemcam tersebut. “Bukan besar kecilnya uang penghargaan, tetapi prestasi mereka patut dicontoh oleh pemcam lain,” terang Pri.

Sejak menggunakan sistem cash and carry, kata Pri, pelunasan HPB di semua kecamatan di Klaten berjalan lancar. Dia mengakui pada tahun-tahun sebelumnya pelunasan HPB sempat molor dari jadwal. Kemoloran pelunasan HPB itu dikarenakan dana raskin dipinjam sementara oleh perangkat desa. “Dengan sistem cash and carry, tunggakan pelunasan HPB bisa diantisipasi,” papar Pri.

Di sisi lain, Pri menambahkan, pemberian raskin ke-13 masih menunggu petunjuk dari Gubernur Jawa Tengah. Kendati begitu, Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat sudah menyetujui pemberian raskin ke-13 itu. “Kami sudah berkoordinasi dengan Perum Bulog. Yang jelas, raskin ke-13 sudah siap didistribusikan. Jadi tinggal menunggu petunjuk gubernur saja,” kata Pri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya