SOLOPOS.COM - Lanang Aji Laksito, (kiri), dan Rina Andriani. (Istimewa/Dwi Ariyatno)

Solopos.com, SOLO–Lurah dan camat muda yang berprestasi membantu Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Wawali Solo, Teguh Prakosa mendapatkan kepuasan warga.

Gibran telah berbagi tugas dengan Teguh selama dua tahun terkahir serta berkomitmen meningkatkan kinerja untuk Kota Solo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Saya lihat di lapangan penerimaan warga cukup baik, menyambut baik adanya lurah dan camat muda. Kayak Jebres lurah termuda juara lomba kelurahan nomor 1 [Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2022 Regional II/Jawa Bali Kementerian Dalam Negeri]” ujar Wali Kota Gibran Rakabuming Raka kepada wartawan di Balai Kota Solo, Rabu (15/2/2023) siang.

Adapun tingkat kepuasan warga Kota Bengawan terhadap kinerja Gibran dan Teguh di tahun kedua mereka memimpin Kota Solo terbilang cukup tinggi.

Tingkat kepuasan masyarakat untuk dua tahun pemerintah Gibran-Teguh sebesar 96%. Data itu sesuai rilis hasil survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di tahun kedua pemerintahan Gibran-Teguh, oleh Program Studi Magister Administrasi Publik (MAP) Program Pascasarjana Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo.

Ada tujuh aspek apresiasi capaian kinerja positif ditunjukkan dengan data persepsi pada survei.

Ketujuh aspek apresiasi itu yakni kualitas pelayanan aparatur sipil negara (ASN) Pemkot di kantor lurah, camat dan balai kota, serta pengelolaan isu keamanan.

Selanjutnya pengaturan lalu lintas, pengaturan pedagang kaki lima, responsivitas Pemkot Solo atas persoalan warga, keberpihakan Pemkot Solo kepada keluarga prasejahtera, kebijakan Pemkot Solo mendorong perekonomian via pembunan infrastrukur.

Terakhir, aspek penyelenggaraaan berbagai event atau perhelatan skala internasional, nasional, maupun lokal lainnya.

Gibran mengatakan kerja sama dengan Teguh cukup baik. Keduanya saling berbagi tugas dalam upaya pembangunan Kota Solo.

“Pak Teguh sekarang konsen terkait masalah stunting. Beliau muter terus ke lapangan, apik itu. Event-event juga sama beliau,” ujar dia.

Gibran mengatakan bakal meningkatkan kinerja bersama Teguh. Namun, keduanya bekerja tidak menjadikan survei sebagai acuan utama.

Sebagai informasi, Gibran-Teguh memilik kebijakan menempatkan Aparatur sipil negara terbaik ke wilayah kelurahan dan kecamatan. Alasannya ASN yqng bertugas di kelurahan dan kecamatan memberikan pelayanan langsung kepada warga.

Dari catatan Solopos.com, sejumlah lurah muda Kota Solo, di antaranya Lurah Mangkubumen, Dyah Yunita (31), Lurah Jagalan Irjanto Yudha Andika (31), Lurah Jebres Lanang Aji Laksito (40), dan Lurah Keprabon Rona Andriani (40).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya