SOLOPOS.COM - Proses pencarian luweng di Dusun Joho Kidul, Desa Joho, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, Selasa (16/2/2021). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI - Pencarian luweng di Pracimantoro Wonogiri masih berlanjut meski luweng di Desa Joho sudah ditemukan. Pencarian luweng akan berlanjut ke Dusun Klepu, Desa Sumberagung, Pracimantoro, Wonogiri.

Luweng di Dusun Joho Kidul, Desa Joho, akhirnya ketemu setelah proses pencarian menghabiskan waktu belasan hari. Luweng ditemukan setelah melakukan pengerukan sedalam 6,5 meter dan lebar 1,5 meter menggunakan alat berat. Lokasi penemuan luweng itu berada di pekarangan belakang rumah warga setempat (Pak Dalang Patek).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Baca Juga: Polisi Wonogiri Kini Tak Hanya Lacak Pencuri, Tapi Juga Warga Kontak Erat Pasien Covid-19

Camat Pracimantoro, Wonogiri, Warsito, mengatakan rencana selanjutnya adalah pencarian mulut luweng akan dilakukan juga di Dusun Klepu, Desa Sumberagung. Pencarian luweng di lokasi itu diprediksi lebih mudah daripada di Joho Kidul. Pasalnya sumber atau titik mulut luweng di Klepu lebih jelas.

"Ini sudah saya perintahkan untuk membuat gorong-gorong dulu di Klepu. Kemudian sudah saya suruh mempersiapkan ram besi untuk menangkal sampah di sekitarnya," kata Warsito saat dihubungi Solopos.com, Selasa (16/2/2021).

Libatkan Orang Pintar

Pencarian luweng di Joho Kidul memang cukup sulit. Sudah belasan hari mencari dan melibatkan orang pintar luweng juga tak ditemukan. Hingga akhirnya ditemukan kemarin. Salah satu kendala pencariannya adalah hujan. Ketika hujan turun pencarian dihentikan sementara.

Dengan ditemukannya luweng di Joho itu, kata Warsito, warga menyambut dengan riang gembira dan bahagia. Selain itu, rencana untuk membuat saluran atau pembuangan air hujan jika luweng tidak ditemukan batal dilaksanakan.

Baca Juga: 10 Berita Terpopuler: Rekomendasi Kuliner di Tawangmangu Hingga Luweng Wonogiri

"Cukup satu ini, tidak akan cari luweng lain di Joho Kidul. Ini warga bahagia dan tidak bingung lagi. Ada kepuasan sendiri. Kalau tidak ditemukan susah. Kalaupun dibuat saluran air hujan jarak pembuangannya juga jauh," kata dia.

Warsito menambahkan pihaknya telah melakukan uji coba terhadap luweng yang telah ditemukan. "Tadi malam langsung dicoba diguyur air dan airnya langsung bisa masuk ke dalam luweng dengan lancar," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya