SOLOPOS.COM - Jan Ethes Srinarendra (kanan) saat bermain basket dalam laga persahabatan atau eksibisi melawa Bison Sragen di GOR Sritex Arena Solo, Minggu (18/12/2022). (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Cucu pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jan Ethes Srinarendra, sukses membawa timnya Humble Basketball Academy Solo menang dalam laga persahabatan kelompok umur delapan tahun di GOR Sritex Arena Solo, Minggu (18/12/2022) sore.

Pertandingan tersebut menjadi laga eksibisi di jeda turnamen basket Liga Solo Bank BJB Divisi II. Dalam pertandingan tersebut, Jan Ethes membawa timnya menang dengan skor 17-7 melawan tim Bison Sragen.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dalam pertandingan itu, putra Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tersebut dipercaya mengemban posisi point guard alias pengatur ritme permainan. Dia pun bermain dua quarter penuhtanpa diganti.

Saat bermain basket dalam laga eksibisi itu, Jan Ethes sempat melakukan sejumlah pelanggaran. Salah satunya backball, di mana pemain membawa bola kembali ke area defensif sendiri setelah melewati garis tengah.

Tingkah Jan Ethes itu sontak membuat penonton gemas dan tertawa. “[Tadi] bingung. Bingungnya masukin yang ke kiri atau kanan,” kata Ethes yang mengaku senang dengan kesempatan yang diberikan saat laga persahabatan tersebut.

Baca Juga: Jan Ethes Bermain sebagai Point Guard di Tim Basket Humble Solo, Ini Tugasnya

Ketua panitia Liga Solo, Wiji Nugroho, mengatakan bangga menjadi event pertama Jan Ethes. Dia berharap Jan Ethes dapat membawa dampak baikpada olahraga basket di Solo.

Wadah Pebasket Muda

“Saat ini Liga Solo masih penyisihan grup. Banyak game penentuan. Setelah itu melaju ke delapan besar,” kata Wiji. Liga Solo Bank BJB Divisi II bergulir pada 14-23 Desember 2022.

Sebanyak 16 tim putra dan delapan tim putri dari SMA dan SMK se-Soloraya berjuang untuk merebut titel juara Liga tersebut. Liga ini merupakan kompetisi lanjutan dari seri pertama Liga Solo Divisi I, September lalu.

Baca Juga: Wah! Jan Ethes Ikut Kompetisi Basket di GOR Sritex Solo, Intip Yuk Keseruannya

Lanjutan kompetis ini sekaligus sebagai bentuk komitmen Liga Solo untuk memberikan wadah bagi pebasket muda Solo agar mereka dapat berkompetisi dan mengembangkan bakat olahraga basket.

Liga Solo Bank BJB Divisi II terdiri atas dua kategori putra yang diikuti 16 tim memperebutkan satu titel juara dan empat tim lolos fase empat besar berhak bertanding di Liga Solo Divisi I 2023. Sedangkan kategori putri diikuti delapan tim memperebutkan satu titel juara.

Lewat kompetisi berbentuk liga ini diharapkan memberikan manfaat positif bagi prestasi bola basket di Kota Solo. Selain itu, kompetisi yang berkelanjutan dan berjenjang ini dipercaya bisa memberikan efek luar biasa baik dari sisi pembinaan maupun prestasi bola basket di Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya