SOLOPOS.COM - Pengunjung berwisata di kolam renang Soko Langit, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Rabu (20/10/2021). (Solopos.com/Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, WONOGIRI — Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, masuk daftar 75 desa wisata terbaik nasional dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Desa Wisata Conto menjadi satu-satunya desa wisata di Wonogiri dan salah satu dari lima desa wisata di Jawa Tengah yang masuk daftar 75 besar desa wisata terbaik di Indonesia.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Conto, Asef Indrianto, mengatakan Desa Wisata Conto sudah tiga kali berturut-turut masuk dalam daftar ADWI sejak ajang penghargaan itu digelar kali pertama pada 2021. Dari tahun ke tahun ada peningkatan pencapaian peringkat Desa Wisata Conto.

Pada 2021, Desa Wisata Conto, Wonogiri, masuk dalam 300 besar dari 1.831 peserta ajang penghargaan nasional tersebut. Kemudian 2022 meningkat masuk dalam 100 besar dari 3.419 dan pada 2023 masuk dalam 75 besar dari 4.573 peserta.

“Kami berusaha untuk terus meningkatkan kualitas Desa Wisata Conto ini. Selain itu harus konsisten,” kata Asef saat dihubungi Solopos.com via telepon, Kamis (23/3/2023).

Informasi yang diperoleh Solopos.com dari https://kemenparekraf.go.id ada beberapa penilaian ajang pemberian penghargaan ADWI, di antaranya keunikan dan keautentikan daya tarik wisata, berupa alam, buatan, serta seni dan budaya.

Standar kualitas pelayanan homestay dengan melestarikan budaya lokal juga menjadi kriteria penilaian. Penilaian lain yaitu kemampuan akselerasi percepatan transformasi digital, serta menciptakan konten kreatif sebagai sarana promosi desa wisata secara digital.

Selain itu, kemampuan desa wisata dalam menciptakan dan menjual suvenir berbasis kearifan lokal juga menjadi penilaian. Pengelolaan desa wisata yang berkelanjutan, memiliki manajemen risiko, serta menerapkan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability) berstandar nasional menjadi poin penting dalam penilaian.

Wisata Alam dan Kearifan Lokal

Menurut Asef, selama ini Desa Wisata Conto Wonogiri terus berkembang dalam pelayanan dan penyediaan fasilitas hingga akhirnya tembus 75 besar desa wisata terbaik nasional. Sebagai desa wisata, Desa Conto tidak hanya menawarkan objek wisata alam, tetapi juga kebudayaan, kearifan lokal, dan kehidupan desa.

“Di Desa Conto ada objek wisata Sokolangit dan Goa Resi. Tapi yang dinamakan desa wisata itu bukan itu saja. Bahkan pengelolaan antara objek wisata dengan desa wisata itu beda,” jelasnya.

Di Desa Wisata Conto, wisatawan atau pengunjung akan merasakan pengalaman lain karena mereka akan mengikuti kegiatan-kegiatan di desa, misalnya belajar menari, bermain musik tradisional, atau menanam dan membuat kopi secara tradisional.

“Jadi wisatawan pulang dari sini itu mendapatkan pengalaman dan ilmu yang lebih, tidak hanya sekadar berkunjung ke objek wisata,” ucap dia.

Berdasarkan catatan Solopos.com, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri, juga menjadi salah satu desa wisata terbaik di ajang Desa Wisata Jawa Tengah 2022 dan sempat direkomendasikan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebagai lokasi wisata yang layak dikunjungi.

Di ajang itu, Desa Conto bersanding dengan Desa Sidowarno (Klaten), Desa Kandri (Semarang), Desa Dawuhan (Banjarnegara) dan beberapa desa lain. Sementara di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, ada lima desa dari Jawa Tengah yang masuk 75 terbaik.

Dari informasi yang diunggah di akun Instagram @visitjawatengah, lima desa tersebut yakni Desa Besani di Kabupaten Batang, Desa Sidowarno di Kabupaten Klaten, Desa Conto di Kabupaten Wonogiri, Desa Pekunden di Kabupaten Banyumas, dan Desa Sambongrejo di Kabupaten Blora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya