SOLOPOS.COM - DPP KNPI menggelar pesta rakyat dan deklarasi dukungan ke Ganjar-Mahfud di Lapangan Prawit, Nusukan, Selasa (28/11/2023) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) akan menggelar acara Deklarasi dan Panggung Rakyat Indonesia Ganjar-Mahfud di Lapangan Prawit, Nusukan, Solo, Selasa (28/11/2023) malam.

Acara tersebut mendapat perhatian jajaran Bawaslu Solo lantaran berpotensi menjadi kampanye rapat umum. Padahal kampanye rapat umum baru boleh dilakukan pada 21 Januari 2024 hingga 10 Februari 2024. Informasi itu disampaikan Anggota Bawaslu Solo, Poppy Kusuma.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Menurut dia, Surat Imbauan Upaya Pencegahan (Suhim) sudah diberikan kepada panitia Deklarasi dan Panggung Rakyat Indonesia. “Suhim sudah diterima panitia. Acara itu berpotensi melakukan metode kampanye rapat umum karena di lapangan,” ujar dia.

Poppy mengakui hari ini sudah masuk masa kampanye Pemilu 2024. Namun, peserta Pemilu belum boleh melakukan kampanye dalam bentuk rapat umum dengan mendatangkan massa. Kampanye dalam bentuk rapat umum baru boleh dilakukan mulai 21 Januari 2024.

Poppy mengatakan pihak Panitia Deklarasi dan Panggung Rakyat Indonesia sudah datang ke Kantor Bawaslu Solo pada Senin (27/11/2023).

Tapi, Poppy tidak bisa menemui pihak panitia dikarenakan sedang berada di Jakarta. “Pagi ini saya baru balik Solo,” aku dia.

Ihwal Suhim kepada panitia acara, tidak boleh ada arak-arakan kendaraan peserta kampanye. Metofe kampanye yang bisa dilakukan 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 pertemuan terbatas maksimal 1.000 orang.

“Lalu pertemuan tatap muka, pemasangan APK, penyebaran bahan kampanye Medsos dan kampanye dalam bentuk lain yang tidak melanggar ketentuan,” kata dia.

Sementara berdasarkan flyer yang diperoleh Solopos.com, acara itu bertajuk Deklarasi dan Panggung Rakyat Ganjar-Mahfud. Ada sejumlah artis yang disebut bakal mengisi panggung hiburan malam nanti seperti Frida KDI, Yan Vellia, Rima Academy, juga Suci Hermosa.

Ada juga penyanyi Windhi Emelia, Ikha Gessut, Lisa Rahma, dan Nufi Anggara. Sedianya acara tersebut akan digeber mulai pukul 19.00 WIB hingga 23.00 WIB. Di sebelah kiri atas flyer terdapat gambar pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Sementara berdasarkan surat permohonan izin yang disampaikan DPP KNPI, acara itu akan dihadiri 800 peserta. Surat permohonan izin dilayangkan kepada Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, pada 23 November 2023. Surat ditandatangani Ketum KNPI, Harus Pertama. Surat permohonan izin ditembuskan Bawaslu Jawa Tengah (Jateng) dan Bawaslu Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya