SOLOPOS.COM - Sejumlah bendera Uni Emirat Arab (UEA) dan Indonesia dipasang di kawasan Masjid Sheikh Zayed, Solo, Selasa (21/11/2023). Bendera itu dipasang untuk menyambut National Day UEA. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Pengurus Masjid Sheikh Zayed Solo menyiapkan pertunjukan kembang api untuk merayakan National Day ke-52 Uni Emirat Arab (UEA) di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Sabtu (2/12/2023) malam.

Direktur Operasional Masjid Sheikh Zayed Munajat menjelaskan atraksi kembang api di langit Masjid Sheikh Zayed yang disiapkan berdurasi sekitar 15 menit.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kami akan berdoa untuk kemakmuran dan kesejahteraan kedua bangsa [UEA dan Indonesia]. Setelah Isya langsung kembang api,” kata dia dihubungi Solopos.com, Selasa (28/11/2023).

Menurut dia, pengurus Masjid Sheikh Zayed merupakan warga negara Indonesia dan UEA. Tidak ada tamu khusus pada perayaan tersebut.

“Masyarakat umum boleh hadir untuk doa bersama. Kayak tirakatan Indonesia,” ungkap dia.

Munajat mengatakan pengurus masjid sudah memasang sejumlah bendera UEA dan Indonesia di kawasan Masjid Sheikh Zayed sejak Senin (20/11/2023). Bendera UEA dan Indonesia itu bakal dipasang sampai pertengahan Desember 2023.

Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Presiden UEA Mohammed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) meresmikan Masjid Sheikh Zayed, Senin (14/11/2022).

Masjid Sheikh Zayed yang ada di Kota Solo itu merupakan miniatur dari Masjid Sheikh Zayed yang ada di Abu Dhabi, UEA. Masjid dengan kapasitas 10.000 jemaah menjadi salah satu simbol persahabatan antara Indonesia dengan UEA.

Bahkan saking dekatnya, Presiden Jokowi menjamu makan siang Presiden MBZ di rumahnya di Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo. MBZ mengajak saudaranya Sheikh Mansour bin Zayed al-Nahyan. Sheikh Mansour dikenal sebagai pemilik Manchester City.

Presiden Jokowi didampingi putra dan menantunya menjamu keluarga MBZ setelah peresmian Masjid Sheikh Zayed, yakni Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep, dan Muhammad Bobby Afif Nasution.

Masjid Raya Sheikh Zayed resmi dibuka untuk masyarakat umum oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin 1 Maret 2023.  Masjid itu menjadi ikon baru di Jateng. Para wisatawan luar kota banyak yang berkunjung ke masjid tersebut saat berkunjung ke Solo maupun melintasi Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya