SOLOPOS.COM - Ilustrasi hujan. (freepik)

Solopos.com, SOLO — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca wilayah Soloraya di Provinsi Jawa Tengah pada Sabtu (12/2/2022) ini cenderung berawan, hujan ringan, hingga hujan sedang.

Mengutip laman bmkg.go.id, Sabtu, salah satu wilayah Soloraya yakni Kabupaten Boyolali diprakirakan dilanda hujan sedang pada siang hari dan malamnya hujan ringan. Sedangkan wilayah lainnya yakni Karanganyar, Klaten, Sukoharjo, Solo, Wonogiri diperkirakan diguyur hujan ringan baik pada siang maupun malam hari. Sementara Sragen pada siang hari berawan dan malam hujan ringan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

BMKG juga menyertakan peringatan dini terkait prakiraan cuaca hari ini. “Jawa Tengah berpotensi hujan sedang hingga hujan lebat dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah pegunungan, pantura barat, sebagian Jateng barat dan Soloraya antara siang/sore hingga malam hari,” tulis BMKG.

Baca juga: Hujan Deras, Rutan Solo Tergenang Banjir hingga Masuk Kamar Napi

BMKG mengungkap gelombang atmosfer Rossby, Kelvin dan Tipe Low Frequency diprakirakan akan cukup aktif terutama di wilayah Indonesia bagian barat dan tengah seperti wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Kep. Nusa Tenggara bagian barat, Sulawesi bagian utara, Kep. Maluku bagian utara dan Papua bagian utara pada periode 11-17 Februari 2022.

Potensi hujan lebat berdasarkan model akan mendominasi sebagian wilayah Sumatera bagian utara, sebagian besar Jawa, Kalimantan bagian utara, Bali, Kep. Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua pada periode 11-13 Februari 2022.

“Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati  terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin dalam satu minggu kedepan di wilayah berikut,” ungkap BMKG.

Baca juga: Nanti Malam Minggu, Ini Doa Agar Cuaca Cerah dan Tidak Hujan

Adapun wilayah tersebut yakni Aceh, Sumatera Barat, Kep. Riau, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banteng, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, JawaTimur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, Papua.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya