SOLOPOS.COM - Lampion Imlek di depan Pasar Gede, Sudiroprajan, Jebres, Solo, sudah menyala pada Senin (9/1/2023) malam. (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO — Rangkaian acara Grebeg Sudiro Solo 2023 di kawasan Pasa Gede Solo, Kelurahan Sudiroprajan, Jebres, Solo, akan dimulai Selasa (10/1/2023) malam ini.

Jl Jenderal Sudirman mulai dari depan Kantor Bank Indonesia (BI) Solo hingga Perempatan Warung Pelem Jl Urip Sumoharjo ditutup untuk lalu lintas kendaraan umum.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo sudah menyiapkan peta jalur-jalur pengalihan arus kendaraan untuk menghindari kawasan Pasar Gede yang ditutup. Dalam peta jalur yang diunggah di akun Instagram resmi Dishub Solo, @dishubsurakarta, Senin (9/1/2023) malam, diungkapkan penutupan jalan dimulai pukul 19.00 WIB-23.00 WIB.

“Jl Jenderal Sudirman (Simpang BI s.d Tugu Pamandengan) dan Jl Urip Sumoharjo (Jembatan Pasar Gede s.d Simpang Warung Pelem) DITUTUP,” tulis pengelola akun @dishubsurakarta dalam unggahan tersebut.

Ada pun jalur pengalihan arus lalu lintas selama rangkaian acara Grebeg Sudiro Solo 2023 yakni:

  • Kendaraan dari arah selatan Jl Jenderal Sudirman atau dari arah Jl Slamet Riyadi dialihkan berbelok ke kiri lewat Jl Ronggowarsito
  • Kendaraan yang hendak menuju ke Pasar Gede lewat Jl Arifin diarahkan belok ke arah Jl Sutan Syahrir
  • Kendaraan dari utara di Jl Urip Sumoharjo sampai Perempatan Warung Pelem diarahkan belok ke kanan lewat Jl Sutan Syahrir atau ke kiri lewat Jl Ir Juanda

Dishub juga telah menyiapkan beberapa lokasi parkir untuk kendaraan pengunjung Grebeg Sudiro Solo 2023. Ada tujuh lokasi yang disiapkan yakni:

  • Gedung Parkir Ketandan
  • Jl RE Martadinata
  • Jl Urip Sumoharjo
  • Jl Suryo Pranoto
  • Jl Arifin
  • Benteng Vastenburg
  • Jl Ronggowarsito

Rangkaian acara Grebeg Sudiro 2023 dimulai dengan bazar potensi UMKM dan paguyuban PKL Lampion Pasar Gede yang berlangsung pada 10-30 Januari 2023 di kawasan Pasar Gede dan Ketandan. Acara berlangsung pukul 18.00 WIB-23.00 WIB.

Selain itu dalam kurun waktu yang sama juga pengunjung bisa menikmati wisata perahu hias menyusuri Kali Pepe di belakang Kantor BRI, 10-30 Januari pukul 18.00 WIB-23.00 WIB.

Kemudian panggung seni budaya di depan Toko Manis Abadi Pasar Gede Solo pada 10-30 Januari 2023 pukul 19.00 WIB-23.00 WIB. Pada Kamis (12/1/2023) ada tradisi Umbul Mantram di Kelurahan Sudiroprajan pukul 18.00 WIB.

Karnaval budaya berlangsung Minggu (15/1/2023) pukul 13.00 WIB-selesai di area Pasar Gede Solo dan pentas harmoni serta pesta kembang api pada Sabtu (21/1/2023) di area Pasar Gede (depan Bank Mayapada).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya