SOLOPOS.COM - Kerumunan warga di Alun-alun Kidul Keraton Solo saat petugas gabungan datang melakukan sosialisasi dan penertiban, Minggu (12/7/2020) sore. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memastikan Alun-alun Kidul atau Alkid Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat akan ditutup pada Malam Tahun Baru nanti. Sementara rumah makan, kafe, restoran, pedagang kaki lima (PKL), dan sejenisnya dibatasi jam operasionalnya sampai pukul 21.00 WIB.

Jam operasional tersebut dikecualikan untuk warung makan/warteg, PKL, lapak jajanan, dan sejenisnya serta restoran/rumah makan, kafe dengan jam operasional malam hari dengan ketentuan pukul 18.00 WIB sampai maksimal pukul 00.00 WIB.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Aturan tidak berubah, masih sama. Sesuai dengan rapat bersama Gubernur Jawa Tengah, Senin [27/12/2021]. Gubernur juga menekankan tentang vaksinasi anak,” katanya, Selasa (28/12/2021).

Baca Juga: Gibran: Selamat Persis Lolos Liga 1, Tapi Jangan Konvoi dan Nonbar!

Gibran juga meminta masyarakat menahan diri dan tidak berkerumun menjelang Malam Tahun Baru di Solo. Termasuk, menggelar nonton bareng maupun konvoi. Petugas juga bakal melakukan rekayasa dan antisipasi aktivitas PKL di pusat keramaian agar tetap menjaga jarak antarpedagang dan pembeli

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Wali Kota tentang PPKM Level 2 selama momen Natal dan Tahun Baru, seluruh warga sedapat mungkin tinggal di rumah berkumpul bersama keluarga, menghindari kerumunan dan perjalanan, serta melakukan kegiatan di lingkungan masing-masing yang tidak berpotensi menimbulkan kerumunan.

Baca Juga: Wah, OJK Permudah Kredit Pembelian Kendaraan Listrik, Warga Solo Minat?

Membatasi Kegiatan Seni Budaya

Pemkot Solo sudah membatasi kegiatan masyarakat termasuk seni budaya dan olahraga yang dapat berpotensi menimbulkan penularan Covid-19 dilakukan tanpa penonton dan yang bukan perayaan Natal dan Tahun Baru dilakukan dengan protokol kesehatan serta dihadiri tidak lebih dari 50 orang.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Solo, Arif Darmawan, mengatakan sejumlah titik yang kerap menjadi lokasi nongkrong Malam Tahun Baru, di antaranya Jl Slamet Riyadi hingga bundaran Pasar Gede, Plaza Manahan, Stadion Sriwedari, dan Plaza Balai Kota. Kemudian taman cerdas, alun-alun, maupun jalan-jalan protokol lain.

Baca Juga: Butuh Belanja? Mal di Solo Geber Diskon Akhir Tahun hingga 70% Lho

“Kami akan patroli mulai sore hingga pagi harinya. Meski sudah ada larangan, pasti tempat-tempat itu ramai. Kami akan membubarkan dan membagikan masker untuk yang tidak pakai masker. Enggak ada patroli water cannon seperti tahun lalu. Tidak ada pemadaman listrik di jalan protokol, kami patroli gabungan di jalan-jalan protokol. Kalau di kelurahan, petugas linmas yang akan patroli,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya