SOLOPOS.COM - Warga RT 002/RW 003, Dukuh Ngawinan, Desa Jurangjero, Kecamatan Karanganom menggelar upacara bendera, Rabu (16/8/2023) malam. (Istimewa/dokumentasi warga)

Solopos.com, KLATEN — Bersamaan dengan tirakatan, warga RT 002/RW 003, Dukuh Ngawinan, Desa Jurangjero, Kecamatan Karanganom menggelar upacara bendera, Rabu (16/8/2023) malam. Upacara yang digelar di dukuh setempat itu untuk memeriahkan HUT ke-78 RI.

Upacara diikuti 100-an warga dimulai pukul 20.00 WIB di jalan dukuh setempat. Ketua RW, Karmui bertindak sebagai inspektur upacara. Sedangkan petugas pengibar bendera dari kelompok muda-mudi, di antaranya Farah, Salsa, dan Via.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sementara pembaca UUD 1945 juga warga setempat, yakni Ana. Upacara diikuti Ketua RT 002, Seto serta sebagian warga RT 002 yang memakai baju lurik, serta batik. Meski sederhana, pelaksanaan upacara memperingati HUT ke-78 RI yang dilaksanakan pada malam tirakatan tersebut berjalan lancar dan khidmat.

“Harapannya semoga dengan momen 17 Agustus, warga semakin kompak dan bisa mengingat perjuangan para pahlawan serta generasi muda bisa mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya,” kata Karmui berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com.

Ketua RT 002 Dukuh Ngawinan, Seto, mengatakan upacara bendera pada malam 17 Agustus sudah menjadi agenda rutin.

“Ini yang ketiga kali. Sebetulnya sudah yang keempat, namun tahun 2021 lalu tidak diadakan lantaran pandemi Covid-19,” ujar Seto.

Warga dengan sukarela mengadakan upacara sebagai bentuk memperingati hari kemerdekaan RI.

“Setelah upacara, warga kemudian menggelar tirakatan dengan tujuan sebagai wujud syukur kepada Allah SWT, serta yang jelas bisa menjalin silaturahmi antarwarga,” kata Seto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya